MEMAHAMI KOMUNIKASI KANTOR
(BAGIAN 3 & soal pilgan)
- Surat merupakan media komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan secara tertulis dibuat dengan cara-cara tertentu sesuai fungsinya
- Telephone merupakan media komunikasi menggunakan suatu jenis pesawat atau mesin yang memungkinkan bagi seseorang untuk bisa berbicara secara langsung kepada lawan bicaranya.
- Faksimile adalah mesin atau pesawat fotokopi jarak jauh (telecopier) yang digunakan untuk mengirimkan dan menerima salinan informasi bisa berupa foto, gambar, dokumen atau surat secara langsung.
- Media sosial daring atau social media Online, adalah sarana berbagi informasi berupa tulisan, gambar, video, audio berbasis internet
- Email, atau electronic mail merupakan media informasi dalam bentuk surat elektronik yang dikirimkan atau diterima melalui server yang ada di internet
Dasar Komunikasi Kantor
Efektivitas Komunikasi Kantor
- Kredibilitas atau Kondisi dipercaya dan bisa dipertanggung jawabkan. Faktor ini merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi agar pesan dapat diterima dengan baik
- Konteks berupa kondisi yang mendukung ketika berlangsungnya komunikasi. Supaya komunikasi berjalan efektif, konteks yang tepat menjadi hal yang menarik perhatian audiens
- Isi
Pesan yang jelas alias tidak menimbulkan penafsiran yang bermacam-macam adalah kunci keberhasilan komunikasi. Kejelasan informasi adalah hal penting yang bisa mengurangi dan menghindari risiko kesalahpahaman pada audiens
Agar komunikasi berhasil, maka pesan atau informasi perlu disampaikan secara berkesinambungan atau kontinyu dan konsisten atau tidak berubah-ubah
Komunikasi dapat dikatakan berhasil apabila sang penerima pesan memahami dan melakukan apa yang terdapat pada isi pesan. Dalam hal ini, tingkat pemahaman seseorang bisa berbeda-beda tergantung beberapa factor.
Saluran/media penyampai pesan. Selain berbicara secara langsung kepada audiens, ada cara lain untuk berkomunikasi, yaitu menggunakan media. Bentuk-bentuk media komunikasi yang biasa digunakan saat ini adalah media cetak ataupun elektronik. Pertimbangkan secara matang pemilihan media yang sesuai dan tepat sasaran agar tidak terjadi komunikasi yang sia-sia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar