Kamis, 06 Agustus 2020

MEMAHAMI KOMUNIKASI KANTOR (BAGIAN 3)

MEMAHAMI KOMUNIKASI KANTOR

(BAGIAN 3 & soal pilgan)


Sarana Komunikasi Kantor
Pengiriman informasi dari komunikator atau sumber informasi kepada komunikan atau penerima pesan dapat menggunakan media atau sarana komunikasiBeberapa sarana yang digunakan dalam berkomunikasi meliputi;
  • Surat merupakan media komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan secara tertulis dibuat dengan cara-cara tertentu sesuai fungsinya

  • Telephone merupakan media komunikasi menggunakan suatu jenis pesawat atau mesin yang memungkinkan bagi seseorang untuk bisa berbicara secara langsung kepada lawan bicaranya.
  • Faksimile adalah mesin atau pesawat fotokopi jarak jauh (telecopier) yang digunakan untuk mengirimkan dan menerima salinan informasi bisa berupa fotogambardokumen atau surat secara langsung.
  • Media sosial daring atau social media Online, adalah sarana berbagi informasi berupa tulisangambar, video, audio berbasis internet


  • Email, atau electronic mail merupakan media informasi dalam bentuk surat elektronik yang dikirimkan atau diterima melalui server yang ada di internet

Dasar Komunikasi Kantor
Komunikasi kantor adalah proses penyampaian berita dari suatu pihak ke pihak lain, yang berlangsung atau yang terjadi dalam suatu kantorKomunikasi ini dapat dilakukan secara lisan (langsung maupun dengan alat komunikasi), maupun dalam bentuk tulisan. 

      

Efektivitas Komunikasi Kantor
 Faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas komunikasi kantor, diantaranya adalah:
  1. Kredibilitas atau Kondisi dipercaya dan bisa dipertanggung jawabkan. Faktor ini merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi agar pesan dapat diterima dengan baik
  2. Konteks berupa kondisi yang mendukung ketika berlangsungnya komunikasiSupaya komunikasi berjalan efektifkonteks yang tepat menjadi hal yang menarik perhatian audiens
  3. Isi 
  4. Pesan yang jelas alias tidak menimbulkan penafsiran yang bermacam-macam adalah kunci keberhasilan komunikasiKejelasan informasi adalah hal penting yang bisa mengurangi dan menghindari risiko kesalahpahaman pada audiens

  5. Agar komunikasi berhasilmaka pesan atau informasi perlu disampaikan secara berkesinambungan atau kontinyu dan konsisten atau tidak berubah-ubah

  6. Komunikasi dapat dikatakan berhasil apabila sang penerima pesan memahami dan melakukan apa yang terdapat pada isi pesanDalam hal initingkat pemahaman seseorang bisa berbeda-beda tergantung beberapa factor.

  7. Saluran/media penyampai pesanSelain berbicara secara langsung kepada audiensada cara lain untuk berkomunikasiyaitu menggunakan media. Bentuk-bentuk media komunikasi yang biasa digunakan saat ini adalah media cetak ataupun elektronikPertimbangkan secara matang pemilihan media yang sesuai dan tepat sasaran agar tidak terjadi komunikasi yang sia-sia


Jika telah mempelajari materi, silahkan mengerjakan soal pilihan ganda berikut ini, dengan cara klik tautan/link soal dibawah ini:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

LAYANAN BISNIS DAN LOGISTIK SESUAI STANDAR YANG DITENTUKAN (MODUL ELEMEN 8 MANAJEMEN PERKANTORAN)

  LAYANAN BISNIS DAN LOGISTIK SESUAI STANDAR YANG DITENTUKAN Pengertian logistik  Pengertian logistik secara umum adalah suatu ilmu pengeta...

Materi Teratas