MEMAHAMI KOMUNIKASI KANTOR
(BAGIAN 2)
Bentuk Komunikasi
Komunikasi
Dengan Diri Sendiri (intrapersonal communication); komunikasi yang terjadi dalam diri individu atau dengan kata lain proses berkomunikasi dengan diri sendiri
- Komunikasi antar personal lebih dikenal dengan Interpersonal: komunikasi yang terjadi antar komunikator dengan komunikan secara langsung dengan cara berhadapan muka atau tidak.
Joseph A. Devito (Effendy, 2003:60) mendefinisikan komunikasi antarpribadi sebagai the process of sending and receiving messages between two persons, or among a small group of persons, with some effect and some immediate feedback (yakni, proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang, atau diantara sekelompok kecil orang-orang dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik cepat).
- Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang terjadi antara seseorang dan kelompok tertentu
- Komunikasi yang menggunakan media sebagai alat atau sarana bantu, biasanya menggunakan media elektronik seperti Televisi, Radio, Surat kabar, Majalah dan lain-lain
Jenis-jenis Komunikasi Kantor
- Komunikasi lisan : komunikasi yang dilakukan secara langsung tatap muka antara komunikator dengan komunikan. Contohnya adalah pertemuan rapat, wawancara, percakapan biasa
- Komunikasi tertulis : komunikasi yang penyampaiannya dilakukan dalam bentuk tulisan. Contohnya, surat, spanduk, undangan dan sebagainya
- Komunikasi verbal : penyampaian gagasan/informasi dikemukakan secara lisan melalui apa yang dikatakan dan bagaimana mengatakannya, arti dan kata atau kalimat diperjelas melalui intonasi bicara.
- Komunikasi non verbal : penyampaian gagasan/informasi dikemukakan dengan menggunakan bahasa isyarat non verbal atau melalui bahasa tubuh yaitu, ekspresi, gerakan, isyarat, posisi badan dan sebagainya
- Komunikasi ke bawah merupakan Komunikasi yang pada umumnya bersifat formal, menggunkan tata cara dan aturan, sebagaimana dilakukan antara karyawan dan pimpinan organisasi. Pemimpin dalam komunikasinya menggunakan instruksi-instruksi, petunjuk-petunjuk, penjelas-penjelas kepada bawahan dan karyawannya.
- Komunikasi ke atas: Sebaliknya karyawan dan juga bawahan dalam berkomunikasi dengan pimpinannya ketika memberi laporan-laporan, pengaduan-pengaduan dan lain-lain tidak menghilangkan derajatnya sebagai bawahan.
- Komunikasi ke samping, adalah komunikasi yang berlangsung secara formal atau non formal yang dilakukan antara karyawan dengan karyawan.
- komunikasi formal terjadi ketika informasi dikirim kemudian disampaikan melalui pola hierarki kewenangan organisasi yang sudah diterapkan dalam struktur organisasi
- Komunikasi informal, terjadi antara para karyawan, dilakukan komunikasi yang tidak terbatas dan bebas.
- Komunikasi satu arah merupakan komunikasi yang dilakukan sepihak dan tidak terjadi timbal balik
- Komunikasi dua arah adalah komunikasi yang dilakukan secara timbal balik yang menimbulkan reaksi atau tanggapan terhadap pesan atau informasi yang dikiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar