Senin, 15 Februari 2021

LATIHAN UJI KOMPETENSI KEJURUAN (UKK) OTKP/PERKANTORAN BAGIAN 2

 

Latihan soal praktek terdiri dari 9 pekerjaan:
1. Menangani Penerimaan/Pengiriman surat/ dokumen
2. Mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen
3. Menulis dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
4. Membaca surat dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional Dasar
5. Memproduksi Dokumen di komputer
6. Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
7. Mengelola Arsip
8. Membuat surat/ Dokumen Elektronik
9. Mengakses Informasi melalui Homepage
 
Anda diposisikan sebagai petugas Asisten Administrasi di PT GOLDEN STAR,sebuah perusahaan property yang beralamat di Jl. Pemuda No. 150 -152 Surabaya, telepon: (031) 5942377, Fax: (031) 5944508, Email: info@ goldenstar.com. Website: www.goldenstar.com. Pimpinan Anda bernama Bagus Wijaya, SE, MM menjabat sebagai Direktur Utama. 

Soal 1 : Menangani Penerimaan/Pengiriman surat/ dokumen


  1. Petunjuk Pengerjaan

  1. Anda sebagai seorang petugas Asisten Administrasi di hadapan Anda ada 14 surat yang terdiri dari surat masuk dan surat keluar.

  2. Lakukan penyortiran surat tersebut.

  3. Catat ke dalam buku agenda kembar.


2.Alur kegiatan

  1. Mempersiapkan alat dan bahan (ATK) yang akan digunakan

  2. Menyortir 14 surat 

  3. Membuat format buku agenda kembar

  4. Mengisi buku agenda sesuai dengan surat yang ada


3. Hasil yang diharapkan:

  • Buku Agenda Kembar yang telah diketik rapi dan diisi sesuai dengan jumlahnya surat yang ada.


Soal 2 :  Mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen

Soal 3 :  Membuat surat/ Dokumen Elektronik


1. Petunjuk Pengerjaan

  1. Anda sebagai seorang petugas Asisten Administrasi diperintahkan untuk membuat surat undangan rapat tentang “evaluasi produk  type rumah minimalis”, tanggal surat dan lain-lain karang sendiri.

  2. Buatlah surat bentuk semi block style

  3. Lakukan penggandaan sesuai dengan peserta yang diundang  (minim 5 orang yang diundang)

  4. Kirim juga lewat email dengan alamat email yang diberikan oleh penguji.

2. Alur kegiatan
  1.  Surat diketik pada HVS A4.

  2. Pengaturan margin menyesuaikan.

  3. Surat diketik dalam bentuk Semi Block Style

  4. Kirim lewat  email

3. Hasil yang diharapkan:
a. Surat Undangan yang diketik rapih dalam bentuk semi block style
b. Surat Undangan yang sudah digandakan sejumlah undangan (minimal 5 orang)
c. Telah terkirim lewat email.

Soal 4 : Menulis dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
Soal 5 : Membaca surat dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional Dasar
Soal 6 : Memproduksi Dokumen di komputer

SOAL MEMBUAT SURAT BAHASA INGGRIS


Instructions :

Make an order letter in  Block Style complete with an envelope


  1. Date of the letter is today

  2. The part of the letter must be completed

  3. Letter is from Bagus Wijaya, SE, MM (PT GOLDEN STAR.)

  4. The aim of letter

  • To order

  1. 5 unit AC “PANASONIC”seri CS/CU-VU10SKP

  2. 5 unit all-in-one printer “Epson L350 ”

  3. 5 unit Komputer “Lenovo”seri E450

  4. 2 Vacum Cleaner “ Sharp EC-HX100”

  • Terms of payment 60 % payed after the order arrived and 40 % will be paywith in a month.  Term of delivery F.O.B

  • For attention, the order must be arrived in two weeks

  1. The inside address, PT. FLORA ELECTRONIC BANDUNG.  Jl. ABC No. 20, Braga, Sumur Bandung, Jawa Barat 40111


  1. Alur kegiatan

  1. Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan.

  2. Surat diketik pada HVS A4.

  3. Pengaturan margin menyesuaikan.

  4. Selesai dicetak, kemudian ditandatangani, dan dilipat serta masukan ke dalam amplop dengan lipatan baku rendah/low standart fold

  5. Surat diketik dalam bentuk  Block Style


4. Hasil yang diharapkan:

a. Sebuah teks surat bahasa Inggris yang sudah diketik sesuai dengan instruksi diatas.
b. Surat yang di masukkan ke dalam amplop dengan lipatan baku rendah/ low standart fold
c. Bacaan peserta uji yang sesuai dengan intonasi yang baik dan benar

Soal 7 : Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak

         Soal 8 : Mengakses Informasi melalui Homepage


1. Petunjuk Pengerjaan
a. Anda sebagai seorang petugas Asisten Administrasi di kantor PT Golden Star untuk membantu pimpinan membuat bahan presentasi dengan tema
“ Prospek Rumah Minimalis di tahun 2019”
b. Buat slide power point minimal 5 slide
c. Kirim file ke WA penguji.

2. Peralatan dan bahan yang dipergunakan.

  1. Komputer

  2. Hand Phone/ HP


3.Alur kegiatan

a. Membuat slide power point di komputer

b. Mengirim hasil file power point ke WA penguji 


4. Hasil yang diharapkan:

  • File yang berisi power point yang telah dikirim ke WA penguji.


Soal 9 : Mengelola Arsip


1. Petunjuk Kerja

a.  Di meja Anda terdapat 7 surat masuk dan 7 surat keluar

b.  Buat daftar kalasifikasinya sesuai dengan system abjad


2.  Alur Kegiatan

  1. Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan.

  2. Catatlah surat-surat tersebut ke dalam buku agenda surat masuk dan surat keluar

  3. Lakukan  proses penyimpanan (arsip) dengan menggunakan Sistem Abjad

  4. Setelah selesai melakukan proses penyimpanan buatlah daftar arsip yang disimpan.



  1. Hasil yang diharapkan:

    1. Daftar Klasifikasi berdasarkan system abjad

    2. Penataan Arsip dalam map snelhecter sesuai dengan system abjad




PT GOLDEN STAR
JL. Pemuda No.150
SURABAYA



10 Januari 2019



Nomor : 002/GS/I/2019 

Hal : Pengiriman AC

                                           


Kepada

PT. Karya Jaya

Jalan Mohammad Ramdhan No. 125

Bandung



Dengan Hormat,



Bersama ini kami kirimkan 10 unit AC sesuai Pesanan Bapak yang kami terima  minggu lalu ( data terlampir pada faktur pengiriman barang }


Kami harap Bapak dapat menerima barang dengan senang hati, serta semoga puas dengan pelayanan kami.


Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih






Hormat kami,


BagusWijaya, SE, MM 

Direktur Utama





Bw/Sy





PT GOLDEN STAR
JL. Pemuda No.150
SURABAYA

6 Februari 2019


Nomor : 001/GS/II/2019                                                                                           



Kepada
Yth. Manager Pemasaran
PT WAHANA ABADI
Jalan Raya Darmo No. 40
Surabaya


Dengan Hormat,


        Kami beritahukan bahwa pada bulan Maret 2017, kami akan mengadakan renovasi ruangan sekaligus mengganti perabot yang sudah rusak. Untuk itu kami berharap Saudara dapat mengirimkan :
  • 40 Set meja kerja (ukuran setengah biro)

  • 5   Set meja rapat (untuk 20 orang)

  • 5   Set meja tamu


        Mengenai pembayaran akan segera kami kirimkan setelah barang tersebut kami terima.
Atas perhatian dan kerja sama Saudara kami mengucapkan terima kasih






Hormat kami,

Bagus Wijaya, SE,MM
Direktur Utama



Bw/Sy



PT GOLDEN STAR
JL. Pemuda No.150
SURABAYA


10 Februaril 2019


Nomor : 002/GS/II/2019 

Hal : Pengiriman Brosur 


                                            


Kepada

PT  BUANA MAKMUR

Jalan Rungkut Menanggal No. 25

Surabaya



Dengan Hormat,


Bersama ini kami kirimkan brosur apartemen dengan perincian harga per-type sesuai Pesanan Bapak lewat pembicaraan  minggu lalu. Harga sewaktu-waktu dapat berubah sesuai perkembangan dolar.


Kami harap Bapak dapat mempelajari dengan senang hati, serta semoga puas dengan pelayanan kami.


Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih






Hormat kami,

Bagus Wijaya, SE, MM 

Direktur Utama




Bw/Sy



PT GOLDEN STAR

JL. Pemuda No.150

SURABAYA



SURAT TUGAS

Nomor :   003/GS/II/2018



Direktur PT GOLDEN STAR, dengan ini menugaskan kepada :

Nama : Ir. Yuniar Prima Utama

Jabatan : Staff Marketing Manager

Alamat : Jalan Kartini  No. 156 Surabaya


Untuk mengadakan perjalanan dinas dengan lokasi :


Tempat : Bandung

Lamanya : 4 hari, terhitung mulai tanggal  6-11 Februari  2019

Jenis Tugas : Mengadakan survey lokasi dalam rangka perluasan  kantor  cabang perusahaan


Demikian Surat Tugas ini dibuat untuk dipergunakan seperlunya





Surabaya, 2 Februari 2019


Bagus Wijaya, SE, MM 

Direktur Utama




Bw/Sy







PT GRIYA PESONA

Jl. Kayu Putih Utara B/ No. 40

                                                                 JAKARTA


11 Februari 2019


Nomor : 18/GP/ II/2019

Hal : Penawaran Apartemen

                                          


Kepada

Direktur PT GOLDEN STAR 

Jalan Pemuda No. 150 

Surabaya



Dengan Hormat,


Perkembangan hunian sudah demikian maju sangat pesat,untuk itu kami ingin menawarkan 

kepada Saudara sebuah hunian yang nyaman, aman, modern dan berkelas , yang dapat dipergunakan  untuk tempat tinggal, maupun kegiatan kantor, spesifikasi yang telah dirancang untuk dapat langsung bisa ditempati apabila sudah membayar uang muka juga angsuran 40% dari harga yang kami tawarkan.


Adapun lokasi apartemen kami sangat strategis dari pusat kota maupun pusat perbelanjaan.

Harga yang kami tawarkan adalah Rp 3M,- sudah termasuk barang-barang perabot mebel, Televisi, mesin cuci dan alat-alat elektronik kebutuhan rumah tangga lainnya untuk kebutuhan hunian yang modern.


Kami berharap Saudara tertarik dengan penawaran ini dan masa promosi dari penawaran ini  sampai dengan tanggal 10 Maret 2019



Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih



Hormat kami,

        

Bagus Herlambang, SE

Manager Pemasaran




Bh/ Rs







PT GOLDEN STAR
JL. Pemuda No.150
SURABAYA

13  Januari  2019


Nomor : 004/BH/ I/ 2019

Hal      : Pesanan Semen                                          


Kepada

 PT HUTAMA KARYA

Jl. Merdeka No. 45

SEMARANG


Dengan Hormat,


Menyambung pembicaraan kita pada bulan yang lalu maka kami berharap mulai bulan depan Saudara sudah dapat mengirimkan semen sebanyak  500sak  untuk masing-masingnya:

Semen Gresik : 300 sak

Semen Putih : 200 sak

Kiranya Saudara menerima dengan senang hati, serta dapat mengirimkan pesanan ini tepat waktu

Atas perhatian bapak kami ucapkan terima kasih.



Hormat kami

                

Bagus Wijaya, SE,MM 

Direktur Utama



Bw/Sy




PT GOLDEN STAR
JL. Pemuda No.150
SURABAYA

Nomor : 005/GS/ I/ 2019                                            23 Januari 2019


Yth.

Manager  CV  AGUNG SWADAYA

Jalan Gajah Mada No. 45

SIDOARJO


Hal : Konfirmasi Pesanan Perabot Kantor


Dengan Hormat,


Kami mengucapkan terima kasih atas pesanan Saudara  tanggal 17 Januari 2019 melalui telepon. Dengan ini kami mengkonfirmasikan barang-barang yang Saudara pesan sebagai berikut :



NO

NAMA

BARANG

MERK/

TIPE

BANYAKNYA

HARGA

KET.

SATUAN

Rp

JUMLAH

Rp

1

MEJA KERJA


Olimpic

15

2 000 000,-

30 000 000,


2

KURSI KERJA

Olimpic

15

  800 000,-

  12 000 000,


3

RAK ARSIP

Olimpic

5

2 000 000,-

  10 000 000


4

FILLING CABINET

FC 200

5

1 000 000,-

    5 000 000


JUMLAH

57. 000 000,-



Terbilang         : ( Lima Puluh Tujuh  Juta rupiah )
Pembayaran : Cash on Delivery
Penyerahan : Franco Pembelian


Setelah surat ini ditandatangai, harap lembar aslinya diserahkan kepada kami.
Terima kasih



Disetujui oleh pemesan                             Hormat kami,

                                                            

          

………………………..                               Bagus Wijaya, SE, MM 

                                                                        Direktur Utama


Bw/ Sy





PT  BUMI PERSADA

Jl. Cilangkarang No. 17

Bandung



Nomor : 100/BP/ I/ 2019                                                    21 Januari 2019

Lampiran :  -

Perihal : Persahabatan karyawan

                             


Kepada

Direktur PT  GOLDEN STAR

Jalan Pemuda No. 150 

Surabaya



Dengan Hormat,


Dalam rangka memperingati hari ulang tahun berdirinya PT BUMI PERSADA tanggal  14 Pebruari 2019, keluarga besar PT BUMI PERSADA akan merayakan dengan berbagai kegiatan, satu diantaranya adalah olah raga. Untuk memeriahkan kegiatan olah raga dimaksud kami mengundang karyawan saudara untuk berpartisipasi yang sifatnya persahabatan dengan karyawan kami  untuk cabang olah raga volley ball putra dan putri.


Kegiatan dimaksud akan diselenggarakan pada :


Hari/tanggal : Minggu, 17 Februari  2019

Waktu : Pukul 08.00 s.d selesai

Tempat : Halaman parkir gedung PT BUMI PERSADA

Alamat : Jl. Cilangkarang No. 17 Bandung



Demikian atas perhatiannya, diucapkan terima kasih 





 Hormat kami


Ratu Emilia Wardani, SE

Manager HRD


Re/St



PT PESONA ANGKASA

Jl. HR Mohammat No. 11

SURABAYA



Nomor : 101/PA/ I/ 2019                                           20 Januari  2018

Lampiran :

Perihal : Penawaran Bangunan Rumah

                             


Kepada

Direktur PT GOLDEN STAR

Jalan Pemuda No. 150 

Surabaya



Dengan Hormat,


Sesuai dengan surat permintaan Saudara tanggal 2 Januari  2019 , maka dengan ini kami memperkenalkan diri untuk menawarkan bangunan rumah pegawai Anda dengan ketentuan umum sebagai berikut :


Harga bangunan : Rp 85 000 000,-

Uang Muka : Rp 14 000 000,-

Angsuran per bulan : Rp      800 000,- (selama 15 tahun)

Angsuran per bulan : Rp      600 000,- (selama 20 tahun)

Tipe : T 22

Luas tanah : 60 m


Dengan informasi dari kami, dengan senang hati kami akan menjemput karyawan Saudara bila mereka menghendaki melihat lokasinya lebih dahulu.




Hormat kami

            

Ir. Dimas Nofares

Sales Manager 




            Dn/Si





SUKSES SERVICE

Jl. Pemuda No. 100

SURABAYA


Nomor : 160/SS/ II/2018                                           22 Februari 2018

Hal : Pembayaran Ongkos service


                             

Kepada

Kepada

Direktur PT GOLDEN STAR 

Jalan Pemuda No. 150 

Surabaya




Dengan Hormat,


Kami beritahukan bahwa perbaikan mobil “ TOYOTA INNOVA “ milik perusahaan Saudara telah selesai.


Total biaya perbaikan seluruhnya Rp 8 000 000,- (delapan juta rupiah). Untuk itu kami harap Saudara dapat mengirimkan pembayaran tersebut melalui Bank BCA .


Atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih


                                                    Hormat kami

Rizal Alamsyah, ST

Manager 

Ra/Da








PT BINTANG PERMATA
Jalan Pesona Raya II No. 355
DEPOK

  

15  Februari  2019


Nomor : 143/BP/ II/ 2019                                          

Hal : Pesanan Alat Elektronik



Kepada

Direktur PT GOLDEN STAR

Jalan Pemuda No. 150 

Surabaya




Dengan Hormat,


Surat Saudara No. 006/BK/II/2018 tentang penawaran berbagai peralatan elektronik telah kami terima, kami ucapkan terima kasih.


Untuk itu kami harap saudara dapat mengirimkan :


  • 200 unit Mesin Hitung merk “CASIO”

  •   25 unit Mesin Foto Copy merk “XEROX”

  • 100 unit Mesin Tik Elektronik  merk “DIGITAL”


Harga seluruhnya setelah dikurangi rabat 10% dan ongkos angkut, akan kami bayar tunai pada waktu barang sampai di gudang kami.


Kami harap minggu depan kiriman Saudara sudah dapat kami terima.




Hormat kami

        

M. Alby Davie, SE, MM

Manager



Ma/Cy






Kepada

Direktur PT GOLDEN STAR 

Jalan Pemuda No. 150 

Surabaya


Hal : Lamaran Pekerjaan


Dengan hormat,

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                               : Aksanti Putri Lestari

Tempat, Tanggal Lahir    : Surabaya, 16 Nopember 1997

Usia                                 : 20 tahun

Pendidikan Terakhir        : SMK PERDANA Surabaya

Program Keahlian           : Administrasi Perkantoran                 

Alamat                            : JL. Raya Ir. Soekarno 125 Surabaya

Telepon                           : 085230023909


Berdasarkan Info Kerja yang dimuat di Website, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai karyawati di bidang Administrasi. Dengan bekal kemampuan yang saya miliki diantaranya mampu mengoperasikan komputer, mengarsip dokumen, mail handling, correspondence, sedikit bisa bahasa  Mandarin dan lain-lain. Saya dapat bekerja keras, rajin dan jujur, dapat bekerja secara mandiri maupun tim.


Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

  1. Foto Copy Ijazah terakhir

  2. Daftar Riwayat Hidup

  3. Foto Copy KTP

  4. Foto ukuran 3 x 4 = 2 lembar

  5. Sertifikat Ketrampilan Khusus

  6. Sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi/ LSP


Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 


Surabaya, 25 Februari 2019


Hormat Saya,

    

Aksanti  Putri  Lestari







PT GOLDEN STAR
JL. Pemuda No.150
SURABAYA


No. :   030/GS/K/II/2019                                               18 Februari 2019

Hal :   Pembayaran  Faktur No. 27/II/ 2019



PT Raharja Semesta

Jln. Ciung Wanara No. 25

Cianjur


Dengan hormat,


Sesuai dengan catatan kami ternyata Saudara masih belum melunasi faktur No. 27/XII/ 2018, tanggal 12 Desember 2018 sebesar  Rp  28.000.000,00 (dua puluh delapan juta rupiah) yang sudah jatuh tempo pada tanggal 30 Januari 2019.


Mengingat pembayaran tersebut telah lewat 2 minggu, kami harap saudara segera melunasi faktur tersebut sebelum tanggal 25 Februari 2019.


Kami yakin Saudara akan dapat melunasi faktur ini, mengingat kerjasama kita yang sudah terjalin dengan baik.


Atas perhatian dan pengertian saudara, kami ucapkan terima kasih.





                                                                                Hormat kami,

                                                                                            

Bagus Wijaya, SE, MM 

                                                                             Direktur Utama


Bw/Sy





PT BIMA SAKTI
Jl. Panglawungan No. 100
BANDUNG

 

No. :  15/BS/I/2019                                           14 Januari 2019

Lamp. :  1 (Satu) Berkas

Hal Balasan Surat Permintaan Informasi



Kepada

Direktur PT GOLDEN STAR

Jalan Pemuda No. 150 

Surabaya


Dengan hormat,


Kami mengucapkan terima kasih atas surat tertanggal 7 Januari 2019 mengenai permohonan informasi fasilitas gedung yang kami miliki, berkenaan dengan rencana  kegiatan pameran  alat-alat dan mesin-mesin kantor yang akan diselenggarakan perusahaan Bapak di tempat kami.


Terlampir kami sampaikan informasi yang Bapak perlukan. Jika ada hal-hal yang perlu mendapat penjelasan, silakan menghubungi Customer Care kami: Sdr. Cindy di nomor telepon 08122122233


Kami berharap dapat membantu penyelenggaraan kegiatan perusahaan Bapak sebaik-baiknya. 




                                                                    Hormat kami,

                                                   

                                                                    Mahendra Tirnadi

                                                                    Direktur



MT/jp




BUKU AGENDA SURAT MASUK

No. Urut

Tanggal Terima

Surat

Pengirim

Perihal

Diteruskan Kepada

Ket.

Kode arsip

Nomor

Tanggal




















BUKU AGENDA SURAT KELUAR

No. Urut

Surat

Dikirim Kepada

Perihal

Hub. Dengan surat Nomor/Tanggal

Ket.

Kode arsip

Nomor

Tanggal



























LEMBAR DISPOSISI


………………………………………………………..

…………………………………………..


Indeks :

Rahasia  :

Penting  :

Biasa       :


Kode :

Tanggal penyelesaian:


Tanggal/No   :

Asal                :

Isi Ringkas     :



Instruksi:




Diteruskan kepada :

Sesudah digunakan harap segera kembali :

Kepada     :

Tanggal     :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

LAYANAN BISNIS DAN LOGISTIK SESUAI STANDAR YANG DITENTUKAN (MODUL ELEMEN 8 MANAJEMEN PERKANTORAN)

  LAYANAN BISNIS DAN LOGISTIK SESUAI STANDAR YANG DITENTUKAN Pengertian logistik  Pengertian logistik secara umum adalah suatu ilmu pengeta...

Materi Teratas