Kamis, 06 Agustus 2020

MEMAHAMI KOMUNIKASI KANTOR (BAGIAN 1)

MEMAHAMI KOMUNIKASI KANTOR

(BAGIAN 1)



Sebelum mempelajari materi Memahami Komunikasi Kantor, bisa dilihat tayangan video berikut ini,





Definisi Komunikasi

Tindakan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang berupa proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi dengan harapan terjadinya pengaruh positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan


Pengertian Komunikasi Kantor

Komunikasi kantor adalah proses penyampaian berita dari suatu pihak ke pihak lain, yang berlangsung atau yang terjadi dalam suatu kantor. Komunikasi ini dapat dilakukan secara lisan (langsung maupun dengan alat komunikasi), maupun dalam bentuk tulisan

Dasar Komunikasi Kantor

Komunikasi dalam kantor merupakan proses untuk penyampaian suatu pesan yang berupa informasi dan perintah. Informasi yang disampaikan bisa dari atasan ke bawahan maupun bawahan kepada atasan atau pihak lain dalam suatu organisasi baik secara langsung atau tidak langsung dengan tidak menggunakan media atau menggunakan media untuk mencapai tujuan yang diharapkan oleh perusahaan.


Fungsi Komunikasi

  • Untuk menyampaikan informasi
  • Sebagai penyampai pendapat agar dapat diterima oleh masyarakat luas atau yang berkaitan.
  • Sebagai bentuk interaksi dengan orang lain.
  • Untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan akan sesuatu hal. Jadi, melalui komunikasi nantinya akan terjadi transfer ilmu antara pihak satu dengan pihak lainnya.
  • Pengisi waktu luang. Misalnya, dengan berbicara via telepon, chatting, sosial media, video call dan sebagainya.
  • Sebagai cara untuk membujuk dan mempengaruhi orang lain. Biasanya komunikasi semacam ini banyak mengandung unsur-unsur persuasif.
  • Untuk dapat mengenal diri sendiri.
  • Guna mengurangi ketegangan atau mencairkan suasana. Misalnya, ketika ada pertikaian atau perselisihan pendapat dalam rapat tertentu.
  • Sebagai hiburan. Misalnya, ketika Anda sedang jenuh kemudian menghubungi teman jauh untuk sekadar mengobrol santai.
  • Untuk selalu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain.
  • Sebagai benteng diri agar tidak ter-isolasi dalam lingkungan masyarakat.
  • Untuk mempelajari situasi yang terjadi.
  • Mengubah sikap maupun perilaku.
  • Mengawasi serta melakukan pengendalian atas suatu kegiatan.
  • Sebagai motivasi untuk orang lain.
  • Guna mengambil suatu keputusan yang tepat.
  • Untuk melakukan kegiatan tertentu.
  • Sebagai bentuk ekspresi.
  • Menghindari adanya kesalahpahaman.
  • Untuk tetap menjaga jalinan hubungan yang baik.


2 komentar:

Featured Post

LAYANAN BISNIS DAN LOGISTIK SESUAI STANDAR YANG DITENTUKAN (MODUL ELEMEN 8 MANAJEMEN PERKANTORAN)

  LAYANAN BISNIS DAN LOGISTIK SESUAI STANDAR YANG DITENTUKAN Pengertian logistik  Pengertian logistik secara umum adalah suatu ilmu pengeta...

Materi Teratas