Senin, 02 Agustus 2021

SOAL MEMAHAMI KOMUNIKASI KANTOR

 SOAL URAIAN MATERI MEMAHAMI KOMUNIKASI KANTOR

A. Setelah membaca melihat tayangan video pembelajaran pada Link MEMAHAMI KOMUNIKASI KANTOR  , siswa diharapkan dapat membuat kesimpulan dari tiap pembahasan.
B. Kerjakan soal berikut ini dengan cara menulis/mengetik di kolom komentar dibawah ini.
C. Gunakan Email pribadi atau jika tidak memiliki, sebutkan nama dan kelas untuk mengerjakan soal berikut ini.
D. Berikut ini soal yang perlu dikerjakan oleh siswa:

  1. Jelaskan tentang pengertian komunikasi menurut pendapat anda!
  2. Berikan masing-masing contoh kongkrit/nyata tentang komunikasi yang terjadi di kantor yang dilakukan secara tulisan, tak langsung, alat komunikasi, lisan!
  3. Sebutkan 20 (dua puluh) fungsi dari komunikasi kantor!
  4. Berikan masing-masing contoh kongkrit/nyata yang terjadi di kantor/formal yang berupa:
    • Komunikasi dengan diri sendiri (intrapersonal communication)
    • Komunikasi antar pribadi (interpersonal communication)
    • Komuniksi kelompok (Public communication)
    • Komunikasi massa (Mass communication)
5. Sebutkan 5 (lima) jenis komunikasi kantor!
6. Sebutkan 5 (lima) sarana yang dapat digunakan dalam komunikasi kantor!
7. Terdapat tujuh faktor yang menjadikan komunikasi kantor dapat efektif. Sebutkan tujuh efektifitas komunikasi!

7 komentar:

  1. Nama: Lina Dwi Lestari

    TUGAS KORESPONDENSI
    1.) Komunikasi adalah Tindakan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang berupa proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi dengan harapan terjadinya pengaruh positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan
    2.) Contoh tulisan: mengirim surat aduan (claim) kepada pihak lain
    Contoh tak langsung: mengirim pesan teks kepada pihak lain
    Contoh alat komunikasi: menelpon client lewat handphone
    Contoh lisan: presentasi
    3.) 1. Untuk menyampaikan informasi
    2. Sebagai penyampai pendapat agar dapat diterima oleh masyarakat luas/ yang berkaitan
    3. Sebagai bentuk interaksi kepada orang lain
    4. Untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
    5. Pengisi waktu luang
    6. Untuk membujuk dan mempengaruhi orang lain
    7. Untuk dapat mengenal diri sendiri
    8. Guna mengurangi ketegangan/mencairkan suasana
    9. Sebagai hiburan
    10. Untuk selalu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain
    11. Sebagai benteng diri agar tidak terisolasi dalam lingkungan masyarakat
    12. Untuk mempelajari situasi yang terjadi
    13. Mengubah sikap maupun perilaku
    14. Mengawasi serta melakukan pengendalian atas sesuatu kegiatan
    15. Sebagai motivasi untuk orang lain
    16. Guna mengambil suatu keputusan yang tepat
    17. Untuk melakukan kegiatan tertentu
    18. Sebagai bentuk ekspresi
    19. Menghindari adanya kesalahpahaman
    20. Untuk tetap menjaga jalinan hubungan yang baik
    4.) -komunikasi dengan diri sendiri: seseorang yang memberi arti terhadap suatu objek yang diamatinya atau terbesit dalam pikirannya
    -komunikasi antar pribadi: penyaji makalah dengan seorang peserta seminar
    -komunikasi kelompok: ceramah
    -komunikasi massa: film yang dipertunjukkan di gedung-gedung bioskop
    5.) a. Komunikasi lisan dan tertulis
    b. Komunikasi verbal dan non verbal
    c. Komunikasi ke bawah, ke atas, dan ke samping
    d. Komunikasi formal dan informal
    e. Komunikasi satu arah dan dua arah
    6.) Surat, telepon, faxcimile, sosmed online, e-mail
    7.) -credibility
    -context
    -content
    -clarity
    -continuity and consistency
    -capability of audience
    -channels of distribution

    BalasHapus
  2. 1)komunikasi adalah tindakan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang berupa proses penyampaian
    dan penerimaan pesan atau informasi dengan harapan terjadinya pengaruh positif atau menimbulkan
    efekk tertentu yang diharapkan
    2)-contoh tulisan: mengirim surat aduan kepada pihak lain
    -contoh tak langsung: mengirim pesan teks kepada pihak lain
    -contoh alat komunikasi:menelpon client lewat handphone
    -contoh lisan:presentasi
    3) 1.untuk menyampaikan informasi
    2.sebagai penyampaian pendapat agar diterima oleh masyarakat
    3.sebagai bentuk interaksi kepada orang lain
    4.untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
    5.pengisi waktu luang
    6.untuk membujuk dan mempengaruhi orang lain
    7.untuk dapat mengenal diri sendiri
    8.guna mengurangi ketegangan/mencari suasana
    9.sebagai hiburan
    10.untuk selalu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain
    11.sebagai benteng diri agar tidak terisolasi dalam lingkungan masyarakat
    12.untuk mempelajari situasi yang terjadi
    13.mengubah sikap maupun perilaku
    14.mengawasi serta melakukan pengendalian atas sesuatu kegiatan
    15.sebagai motivasi buat orang lain
    16.guna mengambil suatu keputusan tepat
    17.untuk melakukan kegiatan tertentu
    18.sebagai bentuk ekspresi
    19.menghindari adanya kesalahpahaman
    20.untuk tetap menjaga jalinan hubungan yang baik
    4)*komunikasi masa: film yang dipertunjukkan di gedung gedung bioskop
    *Komunikasi kelompok: ceramah/saling berpendapat
    *Komunikasi dengan diri sendiri: seseorang yang memiliki arti terhadap suatu objek yang diamatinya
    Atau terbesit dalam pikirannya
    5) a.komunikasi formal dan informal
    b.komunikasi satu arah dan dua arah
    c.komunikasi ke bawah,ke atas,dan kesamping
    d.komunikasi verbal dan non verbal
    e.komunikasi lisan dan tertulis
    6) faxmile,telepon,e-mail,surat,sosmed online
    7) -continuty and consistency
    -capability of audience
    -channels of distributor
    -context
    -content
    -clarity

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban di atas tersebut jawaban dari saya.maaf karena tidak kasih nama terlebih dahulu.terimah kasih

      Hapus
  3. Nama:Naisyafatul Mufdziro
    KELAS: X OTKP 2

    TUGAS KORESPONDENSI
    1)komunikasi adalah tindakan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang berupa proses penyampaian
    dan penerimaan pesan atau informasi dengan harapan terjadinya pengaruh positif atau menimbulkan
    efekk tertentu yang diharapkan
    2)-contoh tulisan: mengirim surat aduan kepada pihak lain
    -contoh tak langsung: mengirim pesan teks kepada pihak lain
    -contoh alat komunikasi:menelpon client lewat handphone
    -contoh lisan:presentasi
    3) 1.untuk menyampaikan informasi
    2.sebagai penyampaian pendapat agar diterima oleh masyarakat
    3.sebagai bentuk interaksi kepada orang lain
    4.untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
    5.pengisi waktu luang
    6.untuk membujuk dan mempengaruhi orang lain
    7.untuk dapat mengenal diri sendiri
    8.guna mengurangi ketegangan/mencari suasana
    9.sebagai hiburan
    10.untuk selalu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain
    11.sebagai benteng diri agar tidak terisolasi dalam lingkungan masyarakat
    12.untuk mempelajari situasi yang terjadi
    13.mengubah sikap maupun perilaku
    14.mengawasi serta melakukan pengendalian atas sesuatu kegiatan
    15.sebagai motivasi buat orang lain
    16.guna mengambil suatu keputusan tepat
    17.untuk melakukan kegiatan tertentu
    18.sebagai bentuk ekspresi
    19.menghindari adanya kesalahpahaman
    20.untuk tetap menjaga jalinan hubungan yang baik
    4)*komunikasi masa: film yang dipertunjukkan di gedung gedung bioskop
    *Komunikasi kelompok: ceramah/saling berpendapat
    *Komunikasi dengan diri sendiri: seseorang yang memiliki arti terhadap suatu objek yang diamatinya
    Atau terbesit dalam pikirannya
    5) a.komunikasi formal dan informal
    b.komunikasi satu arah dan dua arah
    c.komunikasi ke bawah,ke atas,dan kesamping
    d.komunikasi verbal dan non verbal
    e.komunikasi lisan dan tertulis
    6) faxmile,telepon,e-mail,surat,sosmed online
    7) -continuty and consistency
    -capability of audience
    -channels of distributor
    -context
    -content
    -clarity

    BalasHapus
  4. Nama : Amellia zinda pratama putri
    Kelas : X OTKP 1


    -Tugas Korespondensi-
    1)Komunikasi adalah suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

    2)•Contoh tulisan: mengirim surat aduan kepada pihak lain
    •Contoh tak langsung: mengirim pesan teks kepada pihak lain
    •Contoh alat komunikasi: menelpon client lewat handphone
    •Contoh lisan: presentasi

    3)1.Penyalur Informasi
    2.Memudahkan Pekerjaan
    3.Menghindari Kesalahpahaman
    4.Sarana Koordinasi
    5.Fungsi Motivasi
    6.Pekerjaan Dapat Dilakukan dengan Lebih
    Efektif dan Efisien
    7.Fungsi Kontrol
    8.Fungsi Emosi
    9. Bagian Dari Interaksi
    10.Perturkaran Ide
    11.sebagai penyampaian pendapat agar
    diterima oleh masyarakat
    12.untuk selalu menjalin hubungan yang baik
    dengan orang lain
    13.sebagai benteng diri agar tidak
    terisolasi dalam lingkungan masyarakat
    14.untuk mempelajari situasi yang terjadi
    15.mengubah sikap maupun perilaku
    16.mengawasi serta melakukan pengendalian
    atas sesuatu kegiatan
    18.sebagai motivasi buat orang lain
    19.guna mengambil suatu keputusan tepat
    20.untuk melakukan kegiatan tertentu

    4)•komunikasi dengan diri sendiri: seseorang
    yang memberi arti terhadap suatu objek yang
    diamatinya atau terbesit dalam pikirannya
    •komunikasi antar pribadi: penyaji makalah
    dengan seorang peserta seminar
    •Komunikasi kelompok: ceramah/saling
    berpendapat
    •komunikasi masa: film yang dipertunjukkan
    di gedung gedung bioskop

    5) a.komunikasi formal dan informal
    b.komunikasi satu arah dan dua arah
    c.komunikasi ke bawah,ke atas,dan kesamping
    d.komunikasi verbal dan non verbal
    e.komunikasi lisan dan tertulis

    6)Surat, telepon, faxcimile, sosmed online,
    e-mail
    7) -credibility
    -context
    -content
    -clarity
    -continuity and consistency
    -capability of audience
    -channels of distribution

    BalasHapus
  5. Nama : Zalfia Arman Natasya
    Kelas : X OTKP 2

    TUGAS KORESPONDENSI
    1.) KOMINIKASI adalah suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang,kelompok,organisasi dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

    2.) • contoh tulisan : mengirim surat aduan kepada pihak lain
    • contoh tak langsung : mengirim pesan teks kepada pihak lain
    • contoh alat komunikasi : menelpon client liwat handphone
    • contoh lisan : presentasi

    3.) • penyalur formasi
    • memudahkan pekerjaan
    • menghindari kesalahpahaman
    • sarana koordinasi
    • fungsi motifasi
    • pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien
    • fungsi kontrol
    • fungsi emosi
    • bagian dari interaksi
    • pertukaran ide
    • sebagai penyampaian pendapat agar diterima oleh masyarakat
    • untuk selalu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain
    • sebagai benteng diri agar tidak terisolasi dalam lingkungan masyarakat
    • untuk mempelajari situasi yanh terjadi
    • mengubah sikap ataupun perilaku
    • mengawasi serta melakukan pengendalian atas sesuatu kegiatan
    • sebagai motivasi buat orang lain
    • guna mengambil suatu keputusan tepat
    • untuk melakukan kegiatan tertentu

    4.) • komunikasi dengan diri sendiri : seseorang yang memberi arti terhadap suatu objek yang dia mati nya atau terbesit dalam pikirannya
    • komunikasi antar pribadi : penyajian makalah dengan seorang peserta seminar
    • komunikasi masa : film yang dipertunjukkan di gedung-gedung bioskop

    5.) a. Komunikasi formal dan informal
    b. komunikasi satu arah dan dua arah
    c. Komunikasi ke bawah. ke atas, dan kesamping
    d. Komunikasi verbal dan non verbal
    e. Komunikasi lisan dan tertulis

    6.) surat, telepon, faccimile, sosmed online, e-mail

    7.) • credibility
    • context
    • content
    • clarity
    • continuity and consustency
    • capability of audience
    • channels of distribution

    BalasHapus

Featured Post

SOAL ESSAY/URAIAN MATA PELAJARAN PRAKARYA BUDIDAYA KELAS X SMA

  Kerjakan soal essay berikut ini, dengan menjawab secara jelas sesuai pertanyaan yang diberikan! Kewirausahaan adalah kemampuan menciptakan...

Materi Teratas