Kamis, 02 Juni 2022

LATIHAN SOAL HUMAS KELAS XI SEMESTER GENAP

 

  1. Berikut yang merupakan definisi komunikasi efektif adalah …
  1. Proses pengiriman dan penerimaan pesan
  2. Proses penafsiran pesan 
  3. Proses penyandian balik pesan 
  4. Proses penyampaian transmitter 
  5. Proses menghindar hambatan 
  1. Berikut ini adalah definisi komunikasi dari beberapa ahli, definisi komunikasi menurut  Mc Farland adalah …
  1. Proses penyampaian, baik berupa informasi, emosi, keahlian dll.
  2. Proses “penularan” pemilikan 
  3. Proses interaksi atau hubungan saling pengertian satu sama lain 
  4. Proses menjalin hubungan 
  5. Kegiatan seseorang dalam mendokumentasikan pesan 
  1. Model paling sedikit dari proses komunikasi adalah model …
  1. S-R 
  2. Aristoteles
  3. Laswell 
  4. Shannon dan Weafer 
  5. Schramm
  1. (1) planning 

(2) Fact finding 

(3) Evaluating 

(4) Communicating 

Urutan dari tahapan komunikasi efektif menurut cutlip dan center adalah …

A. (1)-(2)-(3)-(4)

B. (1)-(4)-(3)-(2)

C. (1)-(2)-(4)-(3)

D. (2)-(1)-(4)-(3)

E. (2)-(1)-(3)-(4)

  1. Agar menjadi seorang pembicara yang komunikatif dan efektif adalah dengan …

A.    Berbahasa yang tepat sesuai pendengar 

B.    Mempertajam ilmu pengetahuan 

C.    Menjauhi pendengar 

D.    Memberi hadiah 

E.    Menahan tanggapan 

  1. Yang termasuk dalam contoh penerapan conciseness adalah …

A.    Menggunakan level bahasa yang tepat 

B.    Umpan balik tidak boleh melenceng 

C.    Menggunakan tabel atau bagan 

D.    Conciseness 

E.    Completeness 

  1. Perhatikan beberapa pertanyaan berikut : 

1) Masalah kantor dapat segera terselesaikan 

2) Meningkatkan kinerja dan produktivitas 

3) Mendapat lebih banyak bonus gaji 

4) Menjalin hubungan hingga ke jenjang pernikahan 

5) Meminimalkan kecelakaan kerja 

Yang termasuk manfaat dari komunikasi efektif di lingkungan kantor adalah … 

A. 1 dan 2 

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4 

D. 4 dan 5 

E. 5 dan 1 

  1. Dibawa ini yang dimaksud dengan media massa adalah … 

A. Media komunikasi dan informasi yang menyalurkan informasi secara massal dan  biaya dapat diakses oleh masyarakat secara massal juga

B. Media penyalur opini dan hobi masyarakat 

C. Media tempat berkumpul masyarakat 

D. Media yang dapat dijadikan sarana mengumpulkan masyarakat  E. Media yang bersifat massal dan sulit untuk disebarluaskan 

  1. Naskah berita yang baik adalah naskah yang ditulis dengan cara berikut ini ; (1) Menggunakan struktur tulisan yang tepat 

(2) Memahami bahasa sastra 

(3) Memahami tentang nilai berita 

(4) Mengetahui kode etik humas 

Jawaban yang tepat dari pilihan diatas adalah …

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (3) dan (4)

D. (1) dan (3)

E. (2) dan (4)

  1. Berikut ini yang menjadi manfaat dari struktur tulisan piramida terbalik adalah …
  1. Meringkas isi berita 
  2. Meringkas isi berita 
  3. Berita dapat diterima semua kalangan 
  4. Pembaca mudah mengetahui isi berita 
  5. Berita dapat jelas terbaca
  1. Seorang public relation yang profesional harus memiliki keahlian. Salah satu keahliannya adalah…
  1. Ahli dalam kepribadian
  2. Ahli dalam berbusana
  3. Ahli dalam bertingkah laku
  4. Ahli dalam menulis
  5. Ahli dalam menjaga hubungan positif
  1. Tipe-tipe atau penulisan naskah Public relation dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu berkaitan dengan media relation dan berkaitan dengan media promosi. Yang termasuk dalam Media relation adalah...
  1. Press release, advertorial, press Conference
  2. Press release, Newsletter, company profile
  3. Company profile, press Conference, Leaflet
  4. Leaflet, booklet, brosur
  5. Leaflet, Advertorial, press release
  1. Salah satu dari tahapan dalam perencanaan proses penulisan adalah...
  1. Membuat rancangan tulisan        
  2. Merumuskan maksud atau tujuan menulis        
  3. Mengelola bentuk dan teknik penyajian pesan        
  4. Pengecekan terhadap hasil tulisan        
  5. Biasakan membuat draft        
  1. Naskah sederhana yang bertujuan menyebarkan informasi kepada publik melalui media massa disebut...        
  1. Feature
  2. Brosur
  3. Web organisasi
  4. Press release
  5. Newsletter
  1. Penulisan pesan yang bertujuan membangkitkan tindakan atau perilaku konsumen yang bisa dalam bentuk menelepon, Berkirim surat, browsing internet, mendatangi Stan, dan bentuk tindakan lainnya sebagai upaya mencari informasi lebih lanjut atas informasi yang ditulis adalah tujuan dari Penulisan...        
  1. Web organisasi
  2. Brosur
  3. Blogspot organisasi
  4. Newsletter
  5. Advertorial
  1. Jika suatu lembaga ini mengundang media untuk menyampaikan informasi, maka yang harus dilakukan adalah Melakukan...        
  1. Advertorial
  2. Pameran
  3. Press release
  4. Press Conference
  5. Newsletter
  1. Gabungan antara promosi dan opini atau pemberitaan tentang hal yang dipromosikan disebut dengan...
  1. Surat Pembaca
  2. Advertorial
  3. Newsletter
  4. Press Conference
  5. Feature
  1. Salah satu ciri utama dari bahasa jurnalistik adalah demokratis. Demokratis berarti...…
  1. Memilih kalimat yang paling banyak diketahui maknanya oleh khalayak pembaca yang sangat heterogen
  2. Kalimat yang tidak memiliki agenda tersembunyi dibalik pembuatan suatu berita
  3. Kalimat atau paragraf jurnalistik dapat diterima dan tidak bertentangan dengan akal sehat
  4. Bahasa jurnalistik tidak mengenal tingkatan, pangkat, kasta, atau perbedaan dari pihak yang menyapa dan pihak yang disapa
  5. Bahasa menarik mampu membangkitkan minat dan perhatian khalayak pembaca
  1. Karena ditujukan untuk umum, maka bahasa jurnalistik harus sederhana, mudah dipahami, ringan dibaca, tidak membuat kening berkerut apalagi sampai membuat kepala berdenyut. Salah satu cara untuk itu ialah….
  1. Mengutamakan kalimat efektif
  2. Menghindari kata atau istilah teknis
  3. Tunduk kepada kaidah dan etika bahasa baku
  4. Menghindari kata tutur
  5. Sederhana
  1. Penyampaian informasi yang perlu diketahui masyarakat dan bukan promosi yang dikemas dalam bentuk macam-macam, baik berupa tulisan dan foto untuk konsumsi media massa cetak, pita video untuk penyiaran televisi dan pita audio untuk penyiaran radio, dalam bidang kehumasan, definisi tersebut berupa…
  1. Penulisan artikel
  2. Sambutan/pidato
  3. Penulisan feature
  4. Penulisan advertorial
  5. Prospectus
  1. Segala bentuk media yang digunakan oleh seorang praktisi dalam kerjaan untuk mempublikasikan secara luas dengan tujuan agar produk atau jasa yang humas pasarkan lebih dikenal masyarakat disebut dengan…..
  1. Media humas
  2. Jenis jenis media
  3. Tujuan media humas
  4. Kelebihan media komunikasi Humas
  5. Kekurangan media komunikasi humas
  1. Untuk menginformasikan secara luas produk atau jasa yang humas pasarkan akan dikenal oleh masyarakat maka media humas memiliki sifat...        
  1. Cetak dan elektronik 
  2. Objektif dan seimbang
  3. Publikasi dan komunikasi
  4. Audio dan visual
  5. Internal dan eksternal
  1. Salah satu dari lima prinsip dasar yang menjadi pedoman praktisi public relation dalam berhubungan dengan media massa adalah...        
  1. Memperoleh Publisitas seluas mungkin mengenai kegiatan
  2. Jangan membuka pertengkaran yang tidak perlu
  3. Memperoleh tempat dalam pemberitaan media      
  4. Tunduk kepada kak Idah dan etika masyarakat     
  5. Mempublikasikan informasi secara efektif dan efisien
  1. Salah satu dari tujuan media humas bagi organisasi adalah...        
  1. Memperhatikan tanggal waktu media massa
  2. Jangan pernah berbicara bohong, bicara benar atau diam
  3. Mengembangkan kedekatan dan hubungan akrab dengan media
  4. Memperoleh tempat dalam pemberitaan media mengenai hal hal yang menguntungkan lembaga
  5. Menjadi Narasumber yang berharga
  1. Media humas berikut ini yang termasuk dalam media humas eksternal Yang dapat bertemu langsung dengan masyarakat adalah...
  1. Penerbitan buku
  2. Pameran
  3. Jurnal organisasi
  4. Televisi
  5. Koran
  1. Suatu bentuk terbitan dari sebuah perusahaan atau organisasi yang sengaja dibuat dalam rangka mengadakan komunikasi dengan khalayak nya disebut dengan Istilah...
  1. Sponsorship
  2. Jurnal organisasi
  3. Televisi
  4. Audio visual
  5. Penerbitan buku Khusus
  1. Media komunikasi dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah media cetak, media elektronik, dan media online. Salah satu dari kelebihan media cetak adalah...
  1. Cepat dalam Menyebarkan berita
  2. Memiliki audio visual yang memudahkan Audiens memahami berita
  3. Bisa dilakukan dengan menggunakan streaming
  4. Dapat dibaca berkali kali dengan menyimpannya atau meng klipingnya
  5. Dapat didengarkan sehingga mudah dipahami beritanya
  1. Pada masa sekarang ini masyarakat membutuhkan akses informasi secara cepat dan akurat. Karena itu dibutuhkan media yang dapat diakses Dimanapun dengan cepat dan akurat. Media yang cocok adalah...
  1. Media online
  2. Media offline
  3. Televisi dan radio
  4. WhatsApp
  5. Koran dan majalah
  1. Media pers adalah media cetak yang beredar di masyarakat secara umum, baik yang secara regional maupun nasional bahkan internasional. Contoh dari media ini diantaranya adalah...
  1. Koran, majalah, radio, tabloid
  2. Tabloid, koran, radio, televisi
  3. Buku, majalah, koran, tabloid
  4. Brosur, majalah, radio, surat kabar
  5. Surat resmi, tabloid, email, radio
  1. Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas. Berikut ini yang tidak termasuk dalam jenis pameran adalah...
  1. Pameran tetap
  2. Pameran Temporer
  3. Open house
  4. Pesan lisan
  5. Pameran keliling

31. Profil humas merupakan identitas dari individu atau organisasi yang memberikan informasi kepada yang membutuhkan. Adapun profesi humas adalah sebagai berikut…

  1. Humas agensi
  2. Humas konvensional
  3. Humas internal
  4. Humas eksternal
  5. Humas modern
  1. Humas yang melembaga lebih dikenal dengan istilah bagian/ Departemen / Divisi. Dalam bentuk ini terdapat dua sistem yaitu…
  1. Sistem internal dan eksternal
  2. Sistem lower dan middle
  3. Sistem Sentralisasi dan desentralisasi
  4. Sistem dinas dan niaga
  5. Sistem resmi dan tidak resmi
  1. Eksternal public relation adalah sebuah lembaga organisasi independen yang berbadan hukum dan bergerak dalam pelayanan di bidang humas meliputi tiga jenis. Salah satu diantaranya adalah...
  1. Public relation eksternal
  2. Public relation exhibition
  3. Public relation consultant
  4. Public relation internal
  5. Public relation organization
  1. Manajemen suatu perusahaan mulai menyadari akan pentingnya humas bagi perusahaannya. Manajemen perusahaan tersebut, menghendaki peran humas untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi. Penerapan humas sebagai state of being yang dapat dilakukan perusahaan tersebut adalah ….
  1. Melatih setiap pegawai untuk mengetahui tugas-tugas kehumasan
  2. Membentuk departemen atau divisi humas di kantor
  3. Menyebarkan press release secara berkala
  4. Membuat kegiatan-kegiatan yang mendekatkan diri dengan masyarakat
  5. Mendorong personalia kantor untuk melaksanakan tugas-tugas
  1. Adanya humas akan memberikan banyak manfaat bagi organisasi. Salah satu manfaat humas adalah penerbitan desktop. Salah satu bentuk aktivitas departemen humas pada suatu organisasi untuk memberikan kemanfaatan tersebut adalah ….
  1. membuat website organisasi yang berisi profil, capaian, produk dan hal lainnya.
  2. Mengadakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar mengenai perusahaan
  3. Mensponsori kegiatan pemerintah
  4. Mengatasi isu yang salah mengenai perusahaan di masyarakat
  5. Menggunakan jasa praktisi humas di luar perusahaan untuk melakukan kegiatan kehumasan bidang keuangan
  1. Berikut merupakan keuntungan pembuatan profil perusahaan, kecuali…
  1. Menginformasikan kelebihan perusahaan dibandingkan pesaing
  2. Menjelaskan keunggulan produk perusahaan
  3. Menjelaskan perkembangan usaha
  4. Menjelaskan segala sesuatu yang belum dicapai
  5. Menjelaskan potensi investasi
  1. Profil perusahaan perlu dibuat dalam media yang menarik. Berikut macam-macam media presentasi profil perusahaan, kecuali…
  1. Powerpoint
  2. Aplikasi web
  3. Selembar kertas
  4. Teks yang disertai gambar dengan wujud buku
  5. Video
  1. Suatu alat untuk menjelaskan tentang berbagai hal mengenai perusahaan, baik keunggulan produknya, perkembangan usahanya, potensi investasi, yang disajikan baik secara verbal maupun visual disebut…
  1. Humas perusahaan
  2. Profil perusahaan
  3. Media perusahaan
  4. Sarana dan prasarana perusahaan
  5. Ruang lingkup perusahaan
  1. Profil perusahaan dalam bentuk video diusahakan berdurasi dibawah 10 menit namun memuat berbagai poin penting. Video profil perusahaan yang disajikan dengan durasi panjang biasanya akan membuat yang menyaksikan menjadi…
  1. Lebih paham
  2. Lebih jenuh
  3. Lebih tertarik
  4. Lebih bersemangat
  5. Lebih suka
  1. Berikut merupakan cara untuk membuat profil perusahaan, kecuali…
  1. Membuat profil perusahaan harus singkat, padat, dan jelas
  2. Langsung ke pokok persoalan
  3. Menggunakan data yang akurat
  4. Informasi yang paling update
  5. Disajikan dengan cara kreatif tidak mutlak
  1. Berikut merupakan beberapa hal yang terkait dengan kegiatan dan kinerja perusahaan kecuali…
  1. Jenis produk yang ditawarkan
  2. Target market perusahaan
  3. Portofolio perusahaan
  4. Laporan harian
  5. Kontak perusahaan
  1. Dibawah ini manakah yang salah satu alternatif penyelesaian permasalahan pemogokan karyawan dapat ditempuh melalui cara …
  1. Jalur membeli
  2. Jalur jalan
  3. Jalur menyalur
  4. Jalur evaluasi
  5. jalur PHK
  1. Besar kecilnya organisasi dan kemampuan pemimpinnya adalah faktor dari ?
  1. Keberadaan humas dalam strategi organisasi
  2. Terjadinya fungsi humas
  3. Faktor internal organisasi
  4. External organisasi
  5. Faktor aktivitas organisasi
  1. Tujuan dari proses perencanaan program kerja PR adalah....
  1. Untuk mengelola berbagai aktivitas PR/Humas sehingga dapat diwujudkan jika terorganisasi dengan baik
  2. Menjelek-jelekan nama baik perusahaan
  3. Tidak tahu menahu masalah di perusahaan
  4. Memberikan hal-hal negatif bagi perusahaan
  5. Tidak ada jawaban yang benar
  1. Yang termasuk kedalam manfaat perencanaan program kehumasan adalah .....
  1. Menentukan kebutuhan, kemudian memprioritaskan satu atau beberapa yang menjadi tujuan perencanaan
  2. Memilih alternatif pemecahan
  3. Melakukan peramalan dan menentukan program serta alternatif-alternatif program
  4. Menspesifikasi program
  5. Mampu melihat secara keseluruhan kemampuan operasional organisasi
  1. Kegiatan menganalisa data dan informasi yang tersedia termasuk tahapan ….. dalam prosedur kerja kehumasan.
  1. Fact Finding
  2. Planning decisions
  3. Communication
  4. Evaluation
  5. Input data
  1. Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan public relation dalam kegiatan kerjanya yaitu…..
  1. menyalahgunakan kepercayaan
  2. memberikan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan
  3. melakukan kerjasama yang merugikan pihak lain
  4. menggunakan teknik manipulasi
  5. semua benar
  1. Berikut bukan tujuan dari pembuatan laporan perencanaan kegiatan humas..…
  1. Untuk menetapkan target-target operasi public relation yang nantinya akan menjadi tolak ukur atas segenap hasil yang diperoleh
  2. Untuk memperhitungkan jumlah jam kerja dan berbagai biaya yang diperlukan
  3. Untuk menyusun skala prioritas guna menemukan jumlah program dan waktu yang diperlukan Untuk melaksanakan segenap program public relation yang telah di prioritaskan itu
  4. Untuk menghindari adanya korupsi anggaran humas
  1. Jika dalam perusahaan terbukti melakukan kesalahan yang menyebabkan konsumen berkurang, tugas yang harus dilakukan bagian kehumasan yaitu…..
  1. menemukan fakta tentang kesalahan yang terjadi
  2. memperbaiki produk
  3. melakukan penyesuaian untuk memperbaiki kepercayaan konsumen
  4. konferensi pers tentang upaya perbaikan yang telah dilakukan
  5. semua benar
  1. Pernyataan yang tepat tentang kegiatan kerja kehumasan government relation yaitu…
  1. Menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah
  2. Membangun hubungan baik dengan pihak luar
  3. Membangun hubungan antara Pimpinan dengan bentuk kerjasama
  4. Hubungan baik dengan pihak-pihak yang selama ini telah melakukan kerjasama
  5. Menjalin hubungan baik dengan media

 

4 komentar:

Featured Post

SOAL ESSAY/URAIAN MATA PELAJARAN PRAKARYA BUDIDAYA KELAS X SMA

  Kerjakan soal essay berikut ini, dengan menjawab secara jelas sesuai pertanyaan yang diberikan! Kewirausahaan adalah kemampuan menciptakan...

Materi Teratas