Kamis, 23 Mei 2019

LATIHAN UJI KOMPETENSI KEJURUAN OTKP (ADMINISTRASI PERKANTORAN)


I.   PETUNJUK UMUM

A.      Anda adalah Pegawai Administrasi Bumi Citra Permai Tbk . Sebuah perusahaan property yang beralamat di Gedung Millennium Group Jl. Kramat Raya No. 32-34, Jakarta Pusat 10450. Telepon: (021) 391 6338 Fax: (021) 3193 5557 Email: info@bumicitrapermai.com Website: www.bumicitrapermai.com. Pimpinan anda bernama Anggito Pambudi, M.Sc, menjabat sebagai  menjabat sebagai Direktur Utama.

B.       Soal ujian praktek terdiri 7 pekerjaan:
1.  Mengetik Kecepatan
2. Melakukan korespondensi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
3. Menangani Agenda Kerja Pimpinan dan berbagai dokumen perjalanan baik secara Manual maupun online
4. Mengelola Kearsipan
5. Mengelola Dana Kas Kecil
6. Mencari Informasi Melalui Internet dan Membuat Bahan Presentasi
7. Melakukan Komunikasi melalui Telepon

C.       Bacalah setiap item soal dengan cermat
D.      Periksa seluruh kelengkapan soal, jika tidak lengkap atau rusak segera melapor kepada pengawas ujian
E.       Tuliskan nomor ujian pada setiap hasil pekerjaan
F.        Periksa kembali hasil pekerjaan sebelum menyerahkan kepada pegawas ujian


II. KESELAMATAN KERJA

1.   Perhatikan unsur-unsur keselamatan kerja selama mengerjakan soal ujian praktik
2.   Laporkan jika terdapat kerusakan atau hal lain yang teradi diluar semestinya kepada pengawas ujian


SOAL 1: MENGETIK KECEPATAN

1. Petunjuk pengerjaan
a. Jika kantor Anda memiliki program komputer dan ter-install aplikasi Typing Master
maka gunakan fasilitas tersebut namun jika tidak ada dapat diketik dengan Microsoft
Word.
b. Ketiklah naskah pemanasan selama 5 menit c. Ketiklah  naskah kecepatan selama 5 menit
d. Hasil pengetikan di print kemudian diserahkan kepada penguji.

2.  Peralatan dan Bahan yang dipergunakan
a. Komputer dengan aplikasi typing master atau program word processing
b. Printer
c. Stepler kecil
d. Stopwatch (untuk penguji)
e. Kertas HVS A4

3. Alur kegiatan
a. Mempersiapkan alat dan bahan (ATK) yang akan digunakan
b. Latihan pemanasan selama 5 menit dipandu oleh penguji
c. Mengetik kecepatan dilakukan secara bersama-sama, yang dipandu oleh penguji d. Setelah selesai hasilnya di cetak dan diserahkan pada penguji
e. Gunakan jarak baris 1.5 spasi
f.  Font Times New Roman 
g. Font size 12

4.  Aspek yang dinilai
a.    Kecepatan mengetik antara 150 s.d 200 epm 
b.    Tingkat ketelitian 98%
c.    Cara mengetik 10 jari 
d.    Posisi duduk


NASKAH  PEMANASAN

Pendidikan merupakan persoalan bangsa, bangsa yang maju diindikasikan melalui pendidikannya yang berkembang dan mampu mengisi kebutuhan pembangunan. Untuk menjadi negara maju maka persoalan sumber daya manusia menjadi posisi sentral. Melalui pendidikan maka manusia pembangunan dapat diwujudkan. Sebagaimana paradigma fungsional dalam pendidikan bahwa orientasi pendidikan adalah untuk mencerdaskan bangsa, yang mampu mengisi lowongan pekerjaan dan mampu membangun bangsa secara berkelanjutan. Sebagaimana tujuan pendidikan dalam GBHN, yakni tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga mampu menjadi manusia yang mandiri. Manusia dapat memenuhi kebutuhan hidup sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Untuk itu maka tujuan pendidikan satu sisi memberi bekal pada manusia untuk mempunyai pengetahuan dan ketrampilan sehingga dapat difungsikan untuk melakukan pekerjaan ataupun jasa yang memberikan peningkatan pada kehidupannya. Dan sisi lain bahwa melalui pendidikan menjadikan manusia yang bermartabat, memiliki nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman dalam kehidupannya.
Pendidikan menjadi investasi negara. Hal ini disadari bahwa pendidikan  mampu meningkatkan kualitas manusia. Adanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas maka akan mudah beradaptasi dengan tuntutan IPTEK untuk kebutuhan peningkatan kerja dan karir. Hasil yang diperoleh dari pendidikan adalah nilai tambah pada kualitas masyarakat dan pada gilirannya akan meningkatkan kualitas bangsa. Negara memberdayakan bangsanya  melalui pemenuhan kebutuhan  kerja  di berbagai  sektor  industri/perusahaan. Sekolah ataupun perguruan tinggi dibangun dan dikembangangkan, yang pada gilirannya outcome yang dihasilkan tersebut akan memiliki pengetahuan dan keterampilan membangun bangsanya melalui peradaban yang semakin maju. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dari berbagai industri, birokrasi, dan sektor lainnya maka pendidikan berintegrasi dengan sektor lain.  Untuk itu kebijakan pendidikan diarahkan untuk melakukan sinkronisasi dan bersinergi paling tidak dengan tiga kementerian terkait. Yakni kementerian tenaga kerja, kementerian industri, kementerian ristek dan teknologi.


SOAL 2: MELAKUKAN  KORESPONDENSI / SURAT MENYURAT
A. BAHASA  INDONESIA
1.  Petunjuk pengerjaan

a.   Kerjakan soal berikut dengan aplikasi komputer MS Word.
b.   Anda masih  dalam  kedudukan sebagai Pegawai Administrasi  Bumi Citra Permai   
      Tbk.

2.  Peralatan dan Bahan yang dipergunakan
a.   Komputer
b.   Printer
c.   Stapler kecil
d.   Kertas HVS A4 berkepala surat
e.   Amplop surat standar f.   Alat tulis kantor

3.  Alur kegiatan
a.   Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
b.   Surat di ketik pada HVS A4.
c.   Pengaturan margin menyesuaikan.
d.   Surat diketik lengkap dan dicetak pada kertas HVS berkepala surat.
e.   Sebelum dicetak simpan dalam file Anda.
f.   Selesai dicetak, kemudian ditandatangani, dan dilipat serta masukan ke dalam amplop sesuai petunjuk di soal.
g.   Surat diketik dalam bentuk Semi Block Style, kemudian dimasukkan ke dalam amplop menggunakan lipatan Accordion.

4.  Aspek yang dinilai
a.    Kelengkapan bagian surat
b.    Ketepatan bagian surat 
c.    Bentuk/format surat
d.    Isi surat
e.    Penggunaan kaidah bahasa 
f.    Hasil pembuatan surat
g.    Lipatan surat
h.    Penulisan alamat surat dalam amplop 
i.    Hasil pembuatan amplop
j.    Kemampuan penggunaan MS. Word dalam pembuatan surat


Soal Membuat Surat Bahasa Indonesia

Anda diminta oleh pimpinan untuk membuat surat dalam Bahasa Indonesia, untuk salah satu relasi perusahaan  yaitu PT.  Asri Furniture, beralamat di Jl. Merpati No. 226, Surabaya. Surat ditujukan kepada Bpk. Ismoko, Kepala Bagian Pemasaran. Isi suratnya adalah memesan jenis-jenis furniture yang ditawarkan melalui surat penawaran, tertanggal 20
Januari 2019. No. 023/PNW/Sk.2019. Adapun barang-barang yang dipesan sesuai dengan surat penawaran sebagai berikut.

No
Nama Barang
Kode Gambar
Jumlah
Harga per Pcs
1
Meja makan
MK/201-A
20 Pcs
Rp. 1.300.000,-
2
Meja makan
MK/202-B
15 Pcs
Rp. 1.700.000,-
3
Lemari minimalis
AL/203-1. A
40 Pcs
Rp. 1. 425.000,-
4
Dresoar
DS/204-8-B
10 Pcs
Rp. 1.650.000,-

Dalam surat tersebut anda diminta untuk menghitung jumlah pembelian dari pesanan tersebut. Di samping itu, konfirmasi kesanggupan PT tersebut untuk dapat mengirim barang- barang tersebut maksimal akhir bulan September 2019. Pembayaran termin pertama akan dilakukan setelah pesanan diterima.


B. BAHASA INGGRIS

1.  Petunjuk pengerjaan

a.   Kerjakan soal berikut dengan aplikasi komputer MS Word.
b.   Anda masih  dalam  kedudukan sebagai Pegawai Administrasi  Bumi Citra Permai   
      Tbk.

2.  Peralatan dan Bahan yang dipergunakan
a.   Komputer
b.   Printer
c.   Stapler kecil
d.   Kertas HVS A4 berkepala surat
e.   Amplop surat standar f.   Alat tulis kantor

3.  Alur kegiatan
a.   Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
b.   Surat di ketik pada HVS A4.
c.   Pengaturan margin menyesuaikan.
d.   Surat diketik lengkap dan dicetal pada kertas HVS berkepala surat.
e.   Sebelum dicetak simpan dalam file Anda.
f.   Selesai dicetak, kemudian ditandatangani, dan dilipat serta masukan ke dalam amplop sesuai petunjuk di soal.
g.   Surat diketik dalam bentuk Block Style, kemudian dimasukkan ke dalam amplop menggunakan lipatan Standard Fold.

4.  Aspek yang dinilai
a.    Kelengkapan bagian surat
b.    Ketepatan bagian surat 
c.    Bentuk/format surat
d.    Isi surat
e.    Penggunaan kaidah bahasa 
f.    Hasil pembuatan surat
g.    Lipatan surat
h.    Penulisan alamat surat dalam amplop 
i.    Hasil pembuatan amplop
j.    Kemampuan penggunaan MS. Word dalam pembuatan surat




SOAL MEMBUAT SURAT BAHASA INGGRIS


Instructions :
Make an order letter in  Block Style complete with an envelope

1.      Date of the letter is today
2.      The part of the letter must be completed
3.      Letter is from Anggito Pambudi, M.Sc. (Bumi Citra Permai Tbk.)
4.      The aim of letter
·         To order
a.       5 unit laptop “Lenovo Ideapad 110 i5”
b.      5 unit all-in-one printer Epson L350
c.       5 unit projector “Benq MX501”
·     Terms of payment 60 % payed after the order arrived and 40 % will be pay with in a month.  Term of delivery F.O.B. For attention, the order must be arrived in two weeks. The inside address, PT. Rapid IT.  Jl. Ahmad Yani No. 135, Surabaya.


SOAL 3 : MENANGANI AGENDA KERJA PIMPINAN

1.   Petunjuk Kerja
a. Anda  diminta  untuk  membuat  jadwal  kegiatan  pimpinan  dengan  data-data  dan
informasi yang telah tersedia (terlampir)
b. Susunlah data-data dan informasi tersebut sehingga memudahkan pimpinan anda untuk melakukan kegiatan
c. Ketik dengan menggunakan aplikasi Ms. Word

2.   Alat dan Bahan
a. Perangkat komputer dan printer
b. Kertas HVS ukuran A4 
c. Stapler dan staples
d. Kalender meja tahun 2018 
e. ATK

3.   Alur Kegiatan
a. Cermatilah setiap informasi agar jadwal dapat tersusun dengan rapi dan benar
b. Membuat format agenda kegiatan pimpinan yang lengkap sesuai kebutuhan c. Masukkan data-data kegiatan secara kronologis
d. Cetak hasil ketikan di kertas HVS A4

4.   Aspek yang dinilai
a.    Kelengkapan penyusunan agenda
b.    Ketepatan penyusunan agenda 
c.    Kerapihan penyusunan agenda

Soal Agenda Kerja Pimpinan


  1. Selasa, 6 Februari 2019 mengikuti Rakernas REI di Surabaya selama 2 hari di Hotel Ibis, Jl. Monginsidi 23, Surabaya. Acara jam 16.00- 21.00 di ruang Bugenvil. Hari berkutnya melakukan kunjungan di beberapa pemukiman perumahan Surabaya Asri, Surabaya.
  2. Pimpinan   Cabang REI Surabaya   meminta Bapak Pimpinan   untuk menjadi   nara sumber pada acara Program Green House hotel Saphir, Jl Solo, Yogyakarta pada hari Sabtu 11 Februari 2019, pukul 19.00-21.00 di Ruang Arjuna. Lt 2. Pemberitahuan tersebut melalui sekretarisnya melalui telepon.
  3. Pada hari Kamis, 16 Februari 2019 Melakukan MOU dengan PT BUANA SAKTI, yang beralamat di Jl. Sudirman 23, Yogyakarta di  Novotel Hotel , di R. Merpati, Lt.3, pada jam 09.00-12.00
  4. Pada hari yang sama Kamis, 16 Februari 2019 Pimpinan memimpin rapat koordinasi di kantornya dengan para stafnya di ruang 3, pada jam 13.00-15.00.
  5. Pimpinan menerima kunjungan dari anak cabang perusahaan yang PT LARASATI, yang beralamat di Jl.Pramuka 45, Kebumen dengan agenda penjajagan untuk melakukan kerjasama. Kegiatan dilakukan pada Jumat, 17 Februari 2019
  6. Selasa,  21  Februari  2019,  jam  10.00-12.00  diselenggarakan  meeting  dengan  Bpk. Walikota   Yogyakarta   beserta   stafnya   dengan   agenda   pembahasan   Green   City Yogyakarta.
  7. Pimpinan melakukan kunjungan daerah ke anak cabang perusahaan  PT BIMA SAKTI, yang beralamat di Jl. Simanjuntak 56, Yogyakarta. Kegiatan berlangsung dari pukul 10.00-14.00 pada hari Kamis, 22 Februari 2019
  8. Sabtu, 25 - 26  Februari 2019 Pimpinan melakukan perjalanan dinas ke Jakarta untuk melakukan kontrak kerjasama dengan Kantor Pemerintahan DKI, Kegiatan hari I dimulai jam 08.00 s.d. selesai  bincang-bincang dan pada hari II penandatanganan kontrak
  9. Senin, 27 Februari 2018 melakukan Rapat rutin dengan stafnya, pada jam 08.00-10.00 untuk rencana pengembangan usaha di ruang pertemuan.
  10. Pada tanggal 28 Februari 2019 pukul 09.00-12.00 pimpinan  menghadiri  rapat REI di Semarang di, Lt.3.  Hotel Santika, ruang Sanjay


AGENDA KEGIATAN PIMPINAN

……………………………………………
……………………………

No
Hari, Tanggal
Waktu
Kegiatan
Tempat
Keterangan








…………………………

Disetujui oleh,                                                                                Disiapkan oleh,





.......................................                                                                 .....................................


SOAL 4 : MENGELOLA KEARSIPAN

1.  Petunjuk Kerja
a.   Di meja anda terdapat  5 surat masuk dan 8 surat keluar
b.   Catatlah surat-surat yang ada dalam buku Agenda.

2.   Bahan dan Alat
a.   Klasifikasi Arsip
b.   Format Indeks Surat
c.   Format buku agenda surat masuk dan surat keluar d.   Format daftar arsip yang disimpan
e.   Surat masuk dan surat keluar sejumlah 13 lembar f.   Guide Primer, Sekunder, Tersier (HVS warna)
g.   Folder (HVS Warna)
h. Label warna, untuk menuliskan klasifikasi arsip pada guide primer, sekunder,  tersier, dan folder
i.   Pembatas untuk penanda buku agenda surat masuk dan surat keluar (HVS Warna)
j.   Map snelhechter 1 buah 
k.   Perforator
l.   Stapler 
m. ATK

3.   Alur Kegiatan
a.   Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
b.   Surat masuk diterima 2 hari dari tanggal surat.
c.   Catatlah surat-surat tersebut ke dalam buku agenda surat masuk dan surat keluar yang telah disediakan.
e.   Lakukan  proses penyimpanan (arsip) dengan menggunakan Sistem Abjad
f.    Siapkan guide untuk diberi kode sesuai dengan sistem yang digunakan.
g.   Setelah dicatat dalam buku agenda surat masuk dan surat keluar selanjutnya susunlah guide dan simpanlah surat-surat/arsip dalam map snelhechter sesuai dengan sistem yang digunakan.
h.   Setelah selesai melakukan proses penyimpanan buatlah daftar arsip yang disimpan.


4.   Aspek yang dinilai
a.    Pencatatan surat dalam  buku agenda
b.    Hasil pencatatan surat dalam buku agenda
e.    Ketepatan penyimpanan arsip
f.    Kerapihan penyimpanan arsip




BUMI CITRA PERMAI TBK.
Gedung Millennium Group
Jl. Kramat Raya No. 32-34, Jakarta Pusat 10450
Telepon: (021) 391 6338 Fax: (021) 3193 5557
email: info@bumicitrapermai.com website: www.bumicitrapermai.co

Nomor  : 059/MCP/II/2019                                                                12 Februari 2019

Perihal   : Tagihan



Yth.Kepala Bagian Penjualan

Jln. Cokro Aminoto 46

Yogyakarta



Dengan hormat,



Sehubungan sudah jatuh tempo pelunasan hutang saudara maka melalui surat ini kami sampaikan bahwa saudara masih mempunyai sisa debet sebesar Rp. 800.000.000,- (delapan ratus juta rupiah). Untuk itu kami mohon kiranya Bapak dapat melakukan pelunasan hutang tersebut paling lambat pada akhir bulan Januari 2018.
Atas kerjasama dan perhatian Bapak, kami mengucapkan terima kasih.



Hormat kami, Direktur Utama




Anggito Pambudi, M.Sc.



BUMI CITRA PERMAI TBK.
Gedung Millennium Group
Jl. Kramat Raya No. 32-34, Jakarta Pusat 10450
Telepon: (021) 391 6338 Fax: (021) 3193 5557
email: info@bumicitrapermai.com website: www.bumicitrapermai.co


Nomor  : 060/MCP/II/2019                                                       15 Februari 2019

Perihal  : Penawaran



Yth. Pimpinan PT Graha Bahana

Jln. MT Haryono, 133

Yogyakarta



Dengan hormat,

Dengan ini disampaikan bahwa Perusahaan kami telah mengembangkan pemukiman baru di daerah Melati, Kabupaten Sleman, dengan Type Bugenfil 45 sebanyak 29 unit, type 70
Anyelir sebanyak 20 unit, maka kami menawarkan kepada kantor Bapak, sekiranya para pegawai di lingkungan kantor Bapak berkenan untuk memesan atau melakukan pembelian. Bersama ini kami lampirkan brosur mengenai harga dan spesifikasi bangunan. Selanjutnya apabila berkenan dapat menghubungi kontak person Bagian Pemasaran kami Bpk. Sudibyo, No. HP. 081234567890.

Atas perhatiannya disampaikan terima kasih



Hormat kami, Direktur Utama




Anggito Pambudi, M.Sc



BUMI CITRA PERMAI TBK.
Gedung Millennium Group
Jl. Kramat Raya No. 32-34, Jakarta Pusat 10450
Telepon: (021) 391 6338 Fax: (021) 3193 5557
email: info@bumicitrapermai.com website: www.bumicitrapermai.co

Nomor  : 061/MCP/II/2019                                                             16 Februari 2019

Perihal  : Kesanggupan Pembayaran



Yth. Direktur Bank BNI Jln. Colombo 46
Yogyakarta



Dengan hormat,



Melalui surat saudara Nomor   042/0XXI/2018 tentang penagihan perhitungan kekurangan pembayaran maka dengan ini kami sampaikan permohonan maaf atas keterlambatan pelunasan dikarenakan kondisi perdagangan sedang tidak stabil. Selanjutnya kami bermaksud untuk melakukan pelunasan hutang tersebut sebelum akhir bulan Februari 2018
Kami sangat berharap Bank saudara tetap bisa menjadi mitra usaha kami.



Hormat kami, Direktur Utama




Anggito Pambudi, M.Sc

BUMI CITRA PERMAI TBK.
Gedung Millennium Group
Jl. Kramat Raya No. 32-34, Jakarta Pusat 10450
Telepon: (021) 391 6338 Fax: (021) 3193 5557
email: info@bumicitrapermai.com website: www.bumicitrapermai.co

Nomor  : 62/MCP/II/2019                                                              18 Februari 2019

Perihal  : Pemberitahuan Penerimaan Barang



Yth. Pimpinan PT Begawan

Jln. Sudirman 21

Surabaya





Dengan hormat,



Dengan ini kami beritahukan bahwa kiriman 100 unit cabinet dari Saudara telah kami terima. Barang-barang dalam kondisi baik dan sesuai dengan pesanan kami. Pembayaran akan kami transfer melalui rekening bank BNI saudara.
Kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya



Hormat kami, Direktur Utama




Anggito Pambudi, M.Sc

BUMI CITRA PERMAI TBK.
Gedung Millennium Group
Jl. Kramat Raya No. 32-34, Jakarta Pusat 10450
Telepon: (021) 391 6338 Fax: (021) 3193 5557
email: info@bumicitrapermai.com website: www.bumicitrapermai.co

Nomor  : 63/MCP/II/2019                                                            20 Februari 2019

Perihal  : Pengaduan Kiriman Keramik



Yth. Pimpinan Toko Kencana

Jln. Gajahmada 26

Jakarta Utara, Jakarta



Dengan hormat,



Dengan ini kami beritahukan bahwa kiriman saudara atas barang keramik, yang dikirimkan pertanggal 12 Februari 2018 sudah kami terima. Namun berdasarkan catatan bagian gudang kami, terdapat 100 kardus keramik yang rusak. Sehubungan dengan hal tersebut kami mohon dikirimkan kembali sebagai gantinya.


Demikian pemberitahuan kami, atas kerjasamanya disampaikan terima kasih.



Hormat kami, Direktur Utama




Anggito Pambudi, M.Sc

BUMI CITRA PERMAI TBK.
Gedung Millennium Group
Jl. Kramat Raya No. 32-34, Jakarta Pusat 10450
Telepon: (021) 391 6338 Fax: (021) 3193 5557
email: info@bumicitrapermai.com website: www.bumicitrapermai.co

Nomor  : 64/MCP/II/2019                                                              21 Februari 2019

Perihal  : Permohonan Referensi



Yth. Direktur Bank Mandiri

Jl Diponegoro 24

Yogyakarta



Dengan hormat,

Sehubungan dengan akad kredit yang akan kami lakukan dengan Bank Pembangunan Daerah/BPD, Sleman,  yang beralamat di Jl. Kaliurang 34, Yogyakarta dengan jumlah permintaan kredit Rp. 950.000.000,00 (Sembilan ratus lima puluh juta rupiah) untuk keperluan pembebasan tanah maka kami mohon kepada Bapak pimpinan untuk memberikan surat rekomendasi  kepada Pimpinan Bank BPD, Sleman terkait posisi likuiditas  keuangan kami dengan lembaga Bank yang bapak pimpin sebagai pertimbangan untuk dikabulkan permohonan hutang kami.
Demikian permohonan kami, atas kesediaan Bapak Pimpinan untuk memberikan rekomendasi kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami, Direktur Utama




Anggito Pambudi, M.Sc

BUMI CITRA PERMAI TBK.
Gedung Millennium Group
Jl. Kramat Raya No. 32-34, Jakarta Pusat 10450
Telepon: (021) 391 6338 Fax: (021) 3193 5557
email: info@bumicitrapermai.com website: www.bumicitrapermai.co

Nomor  : 65/MCP/II/2019                                                                 21 Februari 2019

Perihal  : Referensi



Kepada

Yth. Direktur Bank BNI, Cabang UGM Jl. Gejayan 45
Yogyakarta



Dengan hormat,

Sehubungan dengan permintaan surat Referensi atas nama Pimpinan Cabang kami, Bpk. Hermasyah, Pimpinan Cabang PT Barata, yang beralamat di Jl Kyai Mojo 89, Yogyakarta maka dengan ini kami sampaikan bahwa, selama bekerjasama dengan kami posisi keuangan menunjukkan likuiditas bagus dan solvabilitas cukup tinggi.
Demikian   rekomendasi   ini   kami   sampaikan   kiranya   dapat   dipakai   sebagai   bahan pertimbangan pengajuan dana.

Hormat kami, Direktur Utama




Anggito Pambudi, M.Sc

BUMI CITRA PERMAI TBK.
Gedung Millennium Group
Jl. Kramat Raya No. 32-34, Jakarta Pusat 10450
Telepon: (021) 391 6338 Fax: (021) 3193 5557
email: info@bumicitrapermai.com website: www.bumicitrapermai.co

Nomor  : 66/MCP/II/2019                                                              23 Februari 2019

Perihal  : Pesanan



Kepada

Yth. Direktur PT Asri Furniture

Jl. Solo KM. 12. No.52

Yogyakarta



Dengan hormat,

Berdasar  surat  penawaran  saudara  tertanggal  15  Februari  2018  tentang  barang-barang furniture maka kami tertarik untuk memesan furniture tersebut.
Adapun jenis dan jumlahnya adalah sbb:
1. Multipurpose desk                                         34 buah
2. Office desk                                                     24 buah
3. Sofa minimalis                                               5   buah
4. Buffet                                                             12 buah
Untuk harga kami sepakat sebagaimana yang ditulis dalam brosur dengan potongan pembelian /discout 20%. Pembayaran akan kami lakukan setelah barang-barang tersebut sampai pada kami.

Sambil menunggu kiriman, kami ucapkan terima kasih



Hormat kami, Direktur Utama




Anggito Pambudi, M.Sc


PT GEMILANG ASRI
Jalan Raya Wates Km.10 No. 25
Yogyakarta
Telp. / Fax. (021) 7520041

Nomor  : 109/II/2019                                                               2 Februari 2019
Perihal  : Penawaran Kerjasama



Yth. Direktur BUMI CITRA PERMAI TBK
Gedung Millennium Group
Jl. Kramat Raya No. 32-34,
Jakarta Pusat 10450.




Dengan hormat,

Berdasarkan  informasi  dari  media  online,  perusahaan  bapak  sedang memasarkan bangunan rumah di kawasan Melati, Sleman.Kami tertarik untuk melakukan kerjasama dalam jual beli bahan-bahan bangunan. Untuk itu kami akan berkunjung ke kantor Bapak sebagai langkah pertama dalam melakukan kerjasama. Mohon berkenan memberikan informasi pada hari dan tanggal berapa kami dapat diterima di kantor Bapak.
Atas perhatian dan kerja sama Saudara, kami sampaikan terima kasih.



Hormat kami, Pimpinan




Suherman, MM


ASRI FURNITURE
Jl. Solo Km. 12. No.52
Yogyakarta
Telp. / Fax. (0351) 8198567

Nomor  : 045/II.02/2019                                                                                 6 Februari 2019

Perihal  : Pemberitahuan Pengiriman Barang



Yth. Direktur BUMI CITRA PERMAI TBK
Gedung Millennium Group
Jl. Kramat Raya No. 32-34,
Jakarta Pusat 10450.


Dengan hormat,

Berdasarkan surat pesanan saudara  tertanggal 25 Januari 2018 maka dengan ini kami beritahukan bahwa kami telah melakukan pengiriman atas barang-barang yang dipesan. Apabila dalam penerimaan ada barang-barang yang cacat/rusak mohon untuk dapat menyampaikan pada kami untuk segera ditukar dengan yang bagus.
Atas perhatian dan kerjasamanya, disampaikan terima kasih.



Hormat kami, Pimpinan




Saputra, MM


PT BUANA SEJAHTERA
Jl. Raya Surabaya Km. 10. No.152 Surabaya
Telp. / Fax. (0351) 8198567 http://www.buanasejahtera.co.id

Nomor  : 145/02/2019                                                             6 Februari 2019

Perihal  : Penagihan Pembayaran



Yth. Direktur BUMI CITRA PERMAI TBK
Gedung Millennium Group
Jl. Kramat Raya No. 32-34,
Jakarta Pusat 10450.



Dengan hormat disampaikan bahwa setelah kami membuka jadwal pembayaran para debitur, kami mendapatkan bahwa saudara masih mempunyai hutang sebesar Rp. 24.000.000,- (dua puluh empat juta rupiah). Untuk itu kiranya saudara dapat menyelesaikan hal tersebut.
Kami menumggu pelunasan dari saudara dan atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.



Hormat kami, Pimpinan




Saputra, MM


PT RAMA SAKTI
Jl. Kapten Tendean No.52
Purworejo
Telp. / Fax. (0275)

Nomor  : 56/02/2019                                                            8 Februari 2019

Perihal  : Pemberitahuan Pengiriman




Yth. Direktur BUMI CITRA PERMAI TBK
Gedung Millennium Group
Jl. Kramat Raya No. 32-34,
Jakarta Pusat 10450.





Dengan hormat,

Dengan ini kami sampaikan bahwa surat pesanan saudara tertanggal 25 Januari 2018 sudah kami terima. Selanjutnya berdasar pesanan tersebut, melalui surat ini kami beritahukan bahwa 7500 buah genteng SOKA sudah kami kirimkan.


Atas kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.



Hormat kami, Pimpinan




                                                                                                 Suseno, M.Si.


PT BATARA SEJAHTERA
Jl. Monginsidi   No.59
Yogyakarta
Telp. / Fax. (0274)   676543
Nomor  : 098/2.II/2019                                                            12 Februari 2019

Perihal  : Pengaduan




Yth. Direktur BUMI CITRA PERMAI TBK
Gedung Millennium Group
Jl. Kramat Raya No. 32-34,
Jakarta Pusat 10450.





Dengan hormat,

Dengan ini disampaikan bahwa berdasarkan kontrak kerjasama yang telah kita sepakati bersama, saudara akan menyelesaikan pembangunan perumahan di kawasan Banyubiru pada akhir Januari 2018. Akan tetapi sampai sekarang pembangunan perumahan tersebut baru kurang lebih 75%. Hal ini kami sampaikan karena para pegawai kami segera akan menempati rumah tersebut. Untuk itu kiranya Bapak pimpinan dapat segera menyelesaikannya dengan secepatnya.
Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.



Hormat kami, Pimpinan




Baroto, M.Si.


SOAL 5 : MENGELOLA DANA KAS KECIL

1.   Petunjuk Kerja
a. Baca dengan cermat soal yang ada
b. Lakukan pembukuan sesuai prosedur
c. Ketik dengan menggunakan aplikasi MS. Excel


2.   Alat dan Bahan
a. Komputer b. Printer
c. Kertas HVS ukuran A4
d. Map Snelhechter
e. Format bukti kas masuk
f.  Format bukti kas keluar/kuitansi
g  Format pengajuan dana kas kecil
h.  ATK

3.   Alur Kegiatan
a. Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
b. Catatlah transaksi tersebut menggunakan bukti penerimaan kas dan bukti pengeluaran kas
c. Buatlah catatan pembukuan kas kecil dengan Sistem Imprest
d. Cetak hasil ketikan di kertas HVS A4
e. Simpan  bukti  transaksi  penerimaan  kas dan  bukti  pengeluaran  kas  pada  ordner yang tersedia sesuai sistem yang digunakan


4.   Aspek yang dinilai
a.    Kelengkapan laporan kas kecil b.    Ketepatan laporan kas kecil
c.    Kerapihan laporan kas kecil
d.    Kelengkapan pencatatan bukti kas kecil e.    Ketepatan pencatatan bukti kas kecil
f.    Kerapihan pencatatan bukti kas kecil
SOAL MENGELOLA KAS KECIL

Saudara mengelola transaksi keuangan setiap bulan sebesar Rp.12.000.000,-. Selama bulan Februari 2019 telah terjadi pengeluaran-pengeluaran dana kas kecil seperti di bawah ini. Catatlah transaksi-transaksi selama bulan Februari 2018 ke dalam petty cash book imprest system, dengan saldo bulan sebelumnya sebesar Rp.1.000.000,-.

Akun pengeluaran adalah sebagai berikut:
·    011 Konsumsi
·    012 Transportasi
·    013 ATK
·    014 Abunemen iklan
·    015 Abunemen listrik
·    016 Lain-lain


Berikut ini transaksi-transaksi yang dilakukan selama bulan Februari 2019

1.    Tanggal 1 Februari membayar iklan di harian Kedaulatan Rakyat   Rp. 450.000,-
2.    Tanggal 2 Februari membeli konsumsi rapat Rp. 750.000,-
3.    Tanggal 2 Februari membayar pendaftaran Seminar 3 orang, @ Rp. 300.000,-
4.    Tanggal 3 Februari membeli 1 tiket pesawat untuk perjalanan dinas pimpinan   Rp.
750.000,-
5.    Tanggal 4 Februari membeli block note untuk acara rapat 50 buah seharga Rp. 15.000,- per buah
6.    Tanggal 5 Februari membayar  ongkos transpot pengiriman barang Rp.150.000,-
7.    Tanggal 5 Februari membeli 20 buah materai  di kantor pos @ Rp. 6000,-
8.    Tanggal 8 Februari membeli karangan bunga ucapan selamat kepada Universitas Negeri
Yogyakarta  dalam rangka Dies di  Puspa Florist Rp. 700.000,-
9.    Tanggal 8 Februari membeli kertas HVS sebanyak 10 rim @ Rp. 45.000,-
10.  Tanggal 10 Februari membayar biaya cetak laporan tahunan perusahaan 50 jilid @ Rp.
20.000,-
11.  Tanggal 13 Februari  membayar pencetakan dan jilid profil perusahaan di Cemerlang
Offset Rp. 1.000.000,-
12.  Tanggal 15 Februari melakukan pembelian ATK di Toko Merah, sebagai berikut: 2 rim kertas HVS A4 80 gram @ Rp.45.000,-; 1 rim kertas HVS F4 70 gram @ Rp. 35.000,-
; 4 lusin bolpoint @ Rp.15.000,-/lusin; 1 dus spidol @ Rp. 45.000,-
13.  Tanggal 15 Februari makan siang di Bumbu Desa Rp. 950.000,-
14.  Tanggal 16 Februari membeli air mineral di UNY Aqua Rp. 120.000,-
15.  Tanggal 18 Februari membeli snack dan makan  untuk menjamu tamu Rp.500.000,-
16.  Tanggal 20 Februari pembayaran servis mobil dinas  Rp.350.000,00
17.  Tanggal 21 Februari membayar sewa stand pameran kepada UNY Rp.800.000,-
18.  Tanggal 25 Februari pembelian cindera mata 5 buah @ Rp. 300.000,-
LAPORAN KAS KECIL
..........................................
............................


Tanggal

No. Bukti

Keterangan

Penerimaan

Pengeluaran
Rekening yang di Debet


011
012
013
014
015
016












































































































Jumlah








Saldo Bulan…..


Pengisian Bulan ….

Jumlah Dana Kas Kecil Bulan ….


Mengetahui,                                                                                                                 ……………………                    …………………………




…………………………           .....................................

  SOAL 6  MENCARI INFORMASI MELALUI INTERNET

a. MENCARI INFORMASI

1.   Petunjuk Kerja
a.   Buka aplikasi computer, yang telah tersambung internet.
b.   Buka Program Web Browse dan cari informasi sebagaimana  diminta dalam soal
c.   Pindahkan informasi yang didapat ke dalam word processing, dengan format yang sudah disediakan, kemudian simpan menjadi sebuah file dokumen dengan nama file nomor peserta Anda
d.   Kirimlah data tersebut ke Pimpinan Anda melalui e-mail dengan melampirkan file yang telah  anda  buat  ke  alamat  email  penguji  dengan  perihal  Paket  Wisata
Singapura
e.   Sertakan Print out data yang telah Anda unduh tersebut dan serahkan kepada Penguji

2. Peralatan dan Bahan yang dipergunakan
a.   Komputer
b.   Printer
c.   Jaringan Internet/Modem d.   Stepler kecil
e.   Kertas HVS A4 f.   Kalender 2019

3. Alur kegiatan
a.   Pekerjaan mengakses internet dan email dilaksanakan sesuai instruksi Penguji
b.   Carilah data yang dibutuhkan sesuai yang ada pada soal, selanjutnya disusun pada format yang sudah disediakan.
c.   Kirim hasil informasi yang sudah diolah kealanat email penguji.
d.   Print out hasil informasi yang sudah diolah dan serahkan kepada Penguji

4. Aspek yang Dinilai
a.   Kemampuan menggunaan search engine
b.   Kemampuan menggunaan e-mail
c.   Kelengkapan informasi yang dicari d.   Ketepatan informasi yang dicari
e.   Hasil pencarian infomasi
f.   Kemampuan  penggunaan  MS.  Word  dalam  pembuatan  laporan  hasil  pencarian infomasi

Soal Praktik Internet

Pimpinan meminta anda untuk menyiapkan berbagai hal mengenai perjalanannya untuk mengikuti Konferensi Internasional dan dilanjutkan wisata di Kota Singapura. Kegiatan akan diselenggarakan di Marina Bay Sands, Singapura, pada tanggal 11-13 Februari 2019. Anda diminta untuk mencari informasi terkait:
a.   Harga tiket untuk penerbangan pada tanggal tersebut beserta rincian Flight Schedulenya. b.   Nama hotel untuk menginap beserta daftar harganya
c.   Tempat Wisata yang dapat di kunjungi di Kota Singapura


b.  MEMBUAT BAHAN PRESENTASI

1.  Petunjuk Kerja

a.  Anda diminta oleh pimpinan Anda membuat bahan presentasi dengan aplikasi Microsoft Powerpoint untuk sebuah kegiatan seminar dimana pimpinan anda adalah nara sumbernya.
b.   Buatlah sebanyak 6 slide.
c.   Cetaklah hasil bahan presentasi tersebut sebanyak 3 halaman.
d.   Waktu penyelesaian tugas 60 menit.

2. Peralatan dan bahan

a.    Printer
b.    ATK
c.    Komputer

3.  Aspek yang Dinilai

a.   Kemampuan Microsoft Powerpoint dalam membuat bahan presentasi
b.   Pembuatan bahan presentasi
c.   Pencetakan bahan presentasi



Soal Membuat Bahan Presentasi


Pilihlah salah satu tema berikut sebagai bahan pembuatan presentasi (bahan penyusunan presentasi ada pada halaman berikutnya):
a.   Filing System (sistem penyimpanan arsip)
b.   Penanganan Rapat
c.   Komunikasi Melalui Telepon
d.   Corespondnce (Tata Pembuatan Surat)
e.   Memproses Perjalanan Dinas/Bisnis


SOAL 7 :  MELAKUKAN KOMUNIKASI MELALUI TELEPON

1.    Petunjuk pengerjaan

Cara mengerjakan soal:
a.      Perhatikan soal dengan cermat: Anda adalah Pegawai Administrasi Bumi Citra Permai Tbk . Sebuah perusahaan property yang beralamat di Gedung Millennium Group Jl. Kramat Raya No. 32-34, Jakarta Pusat 10450. Pimpinan anda bernama Anggito Pambudi, M.Sc, menjabat sebagai  menjabat sebagai Direktur Utama.
b.   Sebelum menerima panggilan telepon dan melakukan telepon ke luar, siapkan terlebih dahulu perlengkapan yang diperlukan
c.   Catat informasi yang penting  pada Lembar Pesan Telepon (LPT) untuk diketahui oleh pimpinan anda
2.    Peralatan dan Bahan yang dipergunakan
a.   Pesawat telepon
b.   Lembar Pesan Telepon (telephone message form)
c.   Kertas
d.   Pensil/bolpen
e.   Kalender meja
f.   Block note

3.    Soal Melakukan Komunikasi Melalui Telepon

Anda menerima panggilan telepon dari PT Bimantara Sakti, Jl. Kol. Sugiono no. 23, Yogyakarta, yang memberitahukan bahwa   Bpk. Kuncoro, pimpinan PT Bimantara ingin konfirmasi kesediaan pimpinan anda untuk hadir makan malam di Resto Bumbu Desa Jl. Garuda 25, Yogyakarta.   Pimpinan Anda sedang tidak ada di kantor karena sedang tugas ke luar kota. Catatlah informasi penting pada LPT hasil pembicaraan yang terjadi. Lakukan tindak lanjutnya sesuai dengan SOP.

4.  Aspek yang dinilai
a.    Penanganan pesawat telepon
b.    Kejelasan ketika berbicara
c.    Keramahan ketika berbicara d.    Pencatatan LPT
e.    Kerapihan LPT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

LAYANAN BISNIS DAN LOGISTIK SESUAI STANDAR YANG DITENTUKAN (MODUL ELEMEN 8 MANAJEMEN PERKANTORAN)

  LAYANAN BISNIS DAN LOGISTIK SESUAI STANDAR YANG DITENTUKAN Pengertian logistik  Pengertian logistik secara umum adalah suatu ilmu pengeta...

Materi Teratas