Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:
- Wawancara.
- Pemilihan informasi yang relevan.
- Analisis karakteristik atau konteks sekolah.
- Merumuskan misi sekolah.
- Merumuskan visi sekolah.
Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah....
J: 1-2-3-5-4
Lingkungan belajar yang nyaman dapat diwujudkan dengan mewujudkan Budaya Sekolah yang positif. Berikut yang bukan merupakan Faktor yang mempengaruhi Budaya Sekolah yang positif adalah . . .
J: ASUMSI pribadi dari salah satu pemangku kepentingan
Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah ....
J: Membepajari dan menguraikan CP
Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang berkesinambungan?
J: ketiga jawaban diatas benar
Perhatikan visi Satuan Pendidikan berikut :
Mencetak lulusan yang cerdas, unggul dalam IPTEK dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila
Berdasarkan visi diatas, maka disusunlah beberapa misi satuan Pendidikan. Misi Satuan Pendidikan yang kurang relevan dengan Visi di atas adalah . . . .
J: menumbuhkan kesadaran akan lingkungan melalui program cinta lingkungan
Bu Ani sedang berdiskusi dengan teman guru kelas 1 dan 2. Mereka sedang mencoba untuk merancanng kegiatan pembelajaran selama setahun, namun mereka bingung harus memulai dari mana dan berpedoman pada dokumen yang mana sebagai langkah pertama mereka, mengingat sekolah mereka baru saja menyelesaikan revisi visi dan misi. Menurut Ibu dan Bapak dokumen pertama yang perlu mereka miliki sehingga modul pembelajaran yang dihasilkan sesuai dengan konteksnya adalah . . . .
J: dokumen capaian pembelajaran
bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang berkesinambungan?
J: ketiga jawaban diatas benar
Bu Ani sedang mempelajari modul ajar prakarya pengolahan yang didapat dari Platform Merdeka Mengajar. Modul tersebut membahas teknik pengawetan dengan metode pengasinan. Contoh Salah satu kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Apa yang bisa dilakukan oleh Bu Ani terkait hal ini sehingga aktivitas pada modul ajar tersebut menjadi kontkestual?
J: mengajak peserta didik untuk mempraktikkan cara membuat sawi asin
budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah
J: benar
Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah ....
J: mempelajari dan menguraikan CP
Berikut ini yang BUKAN merupakan alternatif dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran adalah . . .
J: merumuskan tujuan pembelajaran sesuai dengan keinginan pendidik
Berikut ini yang perlu dihindari dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran adalah . . . .
J: tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru secara mandiri tanpa melibatkan guru lain pada fase yang sama
Dalam pembelajaran Fisika, Bu Sara menyusun Alur Tujuan Pembalajaran dimulai dari mengenal satuan internasional, vektor, Gerak Lurus Beraturan, Gerak Lurus Berubah Beraturan. Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Sara adalah . . . .
J: pengurutan hierarki
Untuk mengajarkan pembagian kepada peserta didik, Bu Sara mengajarkan pengurangan kepada peserta didik . Metode pengurutan konten yang dilakukan oleh Bu Sara adalah
J: pengurutan mudah - sulit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar